Pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah pembiayaan musyarakah terhadap laba bersih yang diperoleh PT. Bank BRI Syariah, Tbk.

Sidik, Abdul Fatah (2017) Pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah pembiayaan musyarakah terhadap laba bersih yang diperoleh PT. Bank BRI Syariah, Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Pada saat ini mulai banyaknya perkembangan mengenai usaha mikro mengengah kebawah tetapi tidak dibarengi dengan modal yang yang dimilikinya, sehingga banyak bank syariah yang bersaing dalam memberikan bantuan dengan cara penyaluran dana pembiayaan kepada pihak yang membutuhkan. Adapun penyaluran pembiayaan yang diberikan yaitu pembiayaan mudharabah dan musyarakah. Dengan adanya penyaluran pembiayaan mudharabah dan musyarakah diharapkan dapat meningkatkan laba bersih yang diperoleh oleh PT. Bank BRI Syariah, Tbk dengan asumsi banyaknya penyaluran pembiayaan, baik pembiayaan mudharabah maupun musyarakah maka laba bersih ikut meningkat ataupun sebaliknya. Asumsi dasar ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh Denty Fuji Indriati Mochtar Arief dan Saefulloh Muhammad Abdulloh yang menjelaskan bahwa pembiayaan mudharabah dan musyarakah berpengaruh terhadap laba bersih. Namun menurut data PT. Bank BRI Syari’ah, Tbk terdapat beberapa fenomena yang tidak sesuai dengan teori tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah terhadap laba bersih secara parsial, seberapa besar pendapatan bagi hasil pembiayaan musyarakah terhadap laba bersih secara parsial serta seberapa besar pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah terhadap laba bersih secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan analisis kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari laporan keuangan publikasi PT. Bank BRI Syariah, Tbk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi, analisis korelasi Pearson Product Moment, korelasi ganda, koefisien determinasi dan uji signifikansi melalui uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah terhadap laba bersih meknunjukan hasil koefisien determinasi sebesar sebesar 31,3%.yang berarti bahwa pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah dapat menerangkan jumlah laba bersih sebesar 31,3%. Untuk variabel pendapatan bagi hasil pembiayaan musyarakah terhadap laba bersih menunjukan hasil koefisien determinasi sebesar 49,3% yang berarti bahwa pendapatan bagi hasil pembiayaan musyarakah dapat menerangkan jumlah laba bersih sebesar 49,3%. Dan variabel pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah terhadap laba bersih menunjukan hasil koefisien determinasi sebesar sebesar 52,6%. Hasil ini berarti bahwa pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah dapat menerangkan laba bersih sebesar 52,6% sedangkan sisanya 47,4% diterangkan oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Bagi Hasil Pembiayaan Mudaharabah; Pendapatan Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah; Laba Bersih
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 26 Dec 2019 01:34
Last Modified: 26 Dec 2019 01:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28446

Actions (login required)

View Item View Item