Pengaruh kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan terhadap efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan di Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung

Maylinda, Ely (2017) Pengaruh kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan terhadap efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan di Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Penerimaan Negara yang saat ini sedang gencar-gencarnya digalakkan adalah pajak. Salah satu bentuk pajak adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan masih sering mendapatkan hambatan seperti kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan. Hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya jumlah transaksi pada tahun 2014-2016 di Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan terhadap efektivitas penerimaan pajak bumi dan angunan di Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kepatuhan wajib pajak sebagai variabel independen (X) dan efektivitas penerimaan sebagai variabel dependen (Y). Peneliti menggunakan teori kepatuhan wajib pajak dari Nurmantu mengutip Widi Widodo (2010:68) yang terdiri dari dua dimensi, yaitu : kepatuhan formal dan kepatuhan material. Sedangkan untuk variabel efektivitas penerimaan, peneliti menggunakan teori dari Agus Dharma (2001:154) yang terdiri dari tiga dimensi, yaitu : kuantitas, kualitas, ketepatan waktu. Metode penelitian mengunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah Uji validitas, Uji reliabiitas, analisis korelasi sederhana, analisis regresi linier, Uji t, analisis koefesien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan terhadap efektivitas penerimaan membayar pajak bumi dan bangunan sebesar 57% dengan dibuktikan melalui uji sebagai berikut: pengujian hipotesis didapat nilai t hitung > t tabel (11,394>0,1984) dan signifikansi < 0,005 ( 0,000 < 0,005), maka Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan terhadap efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan di Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung. Adapun persentase sumbangan pengaruh kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan terhadap efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan di Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung sebesar 57% dan sisanya 43% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak; Efektivitas Penerimaan;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:05
Last Modified: 26 Dec 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28449

Actions (login required)

View Item View Item