Praktik profesionalisme jurnalis perempuan dalam pemberitaan kekerasan terhadap perempuan: Studi fenomenologi terhadap perempuan di Media Online Kota Bandung

Al Mushi, Chumairoh Afafi (2018) Praktik profesionalisme jurnalis perempuan dalam pemberitaan kekerasan terhadap perempuan: Studi fenomenologi terhadap perempuan di Media Online Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Text (COVER).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Text (DAFTAR ISI).pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi selama peliputan di lapangan, menjadikan kerja sebagai jurnalis dianggap sebagai pekerjaan yang maskulin. Dengan segala problematika masih banyak dari kalangan perempuan yang memilih berprofesi sebagai jurnalis. Untuk menjadi seorang jurnalis perempuan, harus memiliki pribadi yang berani dan sigap dalam melakasanakan pekerjaan, profesionalisme kerja di dalam ruang redaksi ataupun diluar lapangan menjadi sifat & sikap yang harus dimiliki jurnalis perempuan untuk menghadapi tantangan kerja yang datang kapan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif jurnalis perempuan meliput berita kriminal, memahami makna profesionalisme wartawan dan pengalaman dalam meliput berita kekerasan di Kota Bandung. Teori yang digunakan adalah Fenomenologi Alfred Schutz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kerena dirasa sejalan dalam memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Metode yang digukanakan adalah fenomenologi Alfred Schutz. Tujuannya untuk mengetahui dunia dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung. Metode ini digunakan agar dapat memahami pengalaman wartawan dalam meliput berita kriminal di surat kabar Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan jurnalis peremuan dalam peliputan berita kekerasan terhadap perempuan tetap mengutamakan profesionalitas tanggung jawab kerja, pengalaman jurnalis dalam meliput berita kriminal menjelaskan bagaimana mereka ikut merasakan kesedihan yang dialami oleh korban tetapi tidak sampai mempengaruhi psikologi mereka sebagai seorang jurnalis. Kode etik jurnalistik dan 5W+1H merupakan beberapa hal yang menjadi acuan jurnalis dalam melakukan peliputan serta penulisan berita. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa jurnalis perempuan dapat memaknai profesioalisme kerja wartawan berdasarkan pengalaman kerja menjadi wartawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jurnalis; Perempuan; Profesionalisme
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 27 Dec 2019 03:52
Last Modified: 27 Dec 2019 03:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28476

Actions (login required)

View Item View Item