Peran gerakan perempuan WSC (Women Studies Centre) dalam keseteraan gender: Studi deskriptif di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Alawiyah, Alwi Siti (2019) Peran gerakan perempuan WSC (Women Studies Centre) dalam keseteraan gender: Studi deskriptif di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

WSC merupakan satu gerakan perempuan yang ada di kampus UIN Bandung, tujuan gerakan perempuan ini yaitu terciptanya sensitivitas gender dan ramah gender bagi masyarakat UIN Bandung. Jika melihat kenyataan yang ada di kampus UIN Bandung ini, dimana belum terciptanya keadilan gender dan diduga masih adanya kasus pelecehan seksual di kampus UIN Bandung ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sejarah berdirinya gerakan perempuan WSC di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dari tahun 2017/2018-2019/2020. (2) peranan gerakan perempuan WSC di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dari tahun 2017/2018-2019/2020. (3) program yang dilakukan dan hasil yang dicapai oleh gerakan perempuan WSC di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dari tahun 2017/2018-2019/2020. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori peran dimana menurut Robet king merton peran yaitu pola tingkah laku yang di harapkan masyarakat dari orang yang mendududki status tertentu. Dan Teori feminisme dimana menurut Humm menyatakan bahwa feminisme merupakan ideologi pembebasan perempuan dengan keyakinan bahwa perempuan mengalami ketidakadilan karena jenis kelaminnya. Disini peneliti melihat peran gerakan perempuan WSC mengunakan teori peran dan feminisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan studi kepustakaan dan studi lapangan. Studi kepustakaan dilakukan sebagai rujukan utama dalam proses penelitian. Data yang digunakan studi kepustakaan diperoleh dari naskah akademis. Sedangkan data lapangan dilakukan untuk mendapatkan informasi langsung dari anggota dan pembina WSC. Tata cara pengambilan data lapangan adalah dengan menggunakan wawancara dan observasi partisivan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1). Sejarah berdirinya gerakan perempuan WSC ini dilatarbelakangi oleh kecemasan intelektual tentang keperempuanan serta berangkat dari asumsi dan kesadaran bahwa kaum perempuan pada dasarnya diexploitasi, serta harus ada upaya untuk mengakhiri penindasan dan pengekspolitasian tersebut, yang dilakukan dalam bentuk: Kajian-kajian, Konseling, Diskusi, dan Seminar. (2). Peran wsc dalam kesetaraan gender di kampus uin ini lebih fokus kepada dua hal yaitu menangani kasus pelecehan seksual dan melindungi korban pelecehan seksual. (3). Program yang dilakukan dan hasil yang dicapai oleh gerakan perempuan WSC di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dari tahun 2017-2019. Yaitu : Bilik Pengaduan, Klub Keperempuanan, Diskusi rutinan. Dan Hasil yang dicapai dari adanya gerakan perempuan WSC adalah semakin bertambahnya mahasiswa maupun mahasiswi yang mengetahui tentang gender, feminisme dan pelecehan seksual serta WSC telah dipercaya oleh mahasiswa UIN Bandung dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan gender, feminisme maupun pelecehan seksual. WSC juga telah diundang untuk mengikuti forum Kemenag dan Komnas perempuan. Kata Kunci : Gerakan Perempuan, Peran, Feminisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: gerakan perempuan, kesetaraan gender.
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: alwi siti alawiyah
Date Deposited: 27 Dec 2019 07:47
Last Modified: 27 Dec 2019 07:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28489

Actions (login required)

View Item View Item