Bimbingan keagamaan dalam mengatasi dampak psikologis pengguna Mobile Legend: Penelitian di Pesantren Mahasiswa Al-Musyahadah

Abubakar, Husni (2019) Bimbingan keagamaan dalam mengatasi dampak psikologis pengguna Mobile Legend: Penelitian di Pesantren Mahasiswa Al-Musyahadah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini membawa efek disegala lini kehidupan, termasuk perkembangan smartphone yang begitu cepat, ternyata seiring hal tersebut beragam pula games-games kekinian, termasuk mobile legend. Kemajuan itu telah menyebabkan dampak yang tidak kecil yang masuk pada lapisan masyarakat juga instansi didalamnya. Bahkan pada wilayah Pesantren, kendati demikian santri yang terdapat dipesantren tersebut merupakan mahasiswa pula. Pada ahirnya mereka pun menjadi bagian dari pada pengguna mobile legend dikarenakan terbawa kemajuan teknologi saat ini. Dengan adanya hal tersebut ternyata tanpa disadari kemudian memunculkan dampak secara psikologis yang dialami oleh penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak psikologis terkait pengguna mobile legend serta bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam mengatasi hal tersebut kemudian mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya. Dalam penelitian ini metode yang dipakai adalah metode kualitatif, dengan metode ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara mendalam dan terperinci terkait bimbingan keagamaan dalam mengatasi dampak psikologis para pengguna mobile legend. Penelitian ini didasarkan pada pendekatan fenomenologi dimana terjadi dimasyarakat hari ini. Dalam penyusunan ini, penelitian ini merupakan pengejawantahan dari pada metode kualitatif dengan menggunakan data primer melalui observasi, wawancara, dan didukung melalui dokumentasi yang disajikan untuk hasil yang didapat nantinya. Hasil dari pada penelitian ini menunjukan bahwa bermain mobile legend ternyata betul–betul memberikan dampak kepada pengguna nya dari aspek psikologis, akibat dari pada gaming disorder of mobile legend tersebut muncul beberapa efek diataranya mulai dari rasa candu atau ketagihan, sulit mengontrol emosi, sulit untuk bersosialisasi, insomnia dan lain semacamnya. Atas dasar itu kemudian dilakukan upaya penanganan dampak tersebut melalui kegiatan bimbingan keagamaan yang dilakukan di Pondok Pesantren Mahasiswa Al–Musyahadah, Cibiru, Kota Bandung terlepas dari faktor pendukung dan juga penghambat yang ada di dalam pelaksanaanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Mobile Legend; Dampak Psikologis;
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Applied Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Husni Abu Bakar
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:41
Last Modified: 14 Jan 2020 06:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28498

Actions (login required)

View Item View Item