Pelaksanaan walimatul urs sebelum akad nikah dalam tinjauan fiqih Munakahat : Studi kasus di kampung Lio Cibarusah Bekasi

Hanifah, Eris (2019) Pelaksanaan walimatul urs sebelum akad nikah dalam tinjauan fiqih Munakahat : Studi kasus di kampung Lio Cibarusah Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan Walimatul úrs dalam Islam dilaksanakan sesudah terjadinya sebuah akad nikah. Hal ini sesuai dengan apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw pada saat beliau menikahi Zainab binti Jahsy. Yakni pada pagi hari beliau menikahi Zainab, dan keesokannya beliau mengundang masyarakat untuk menikmati hidangan makanan. Melihat kepada pelaksanan walimatul ‘urs yang diajarkan oleh Rasulullah jelas bahwa pelaksanaan walimatul ‘urs dilaksanakan setelah terjadinya akad nikah. sebagai bentuk wujud rasa syukur kepada Allah serta merupakan bentuk pengumuman kepada khalayak ramai atas terjadinya sebuah pernikahan. Namun, ada sedikit perbedaan dengan apa yang dilakukan oleh warga di Kampung Lio Cibarusah Bekasi yakni melaksanakan walimatul ‘urs sebelum terjadinya akad nikah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menjadi latar belakang melaksanakan walimah sebelum akad nikah, alasan apa yang menjadi tujuan dari melaksanakan walimah sebelum akad nikah, dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pelaksanaan walimatul ‘urs sebelum akad nikah seperti yang dilakukan oleh sebagian warga di Kampung Lio Cibarusah Bekasi. Penelitian ini bertolak dari sebuah pemikiran bahwa walimatul ‘urs dilaksanakan setelah terjadi akad pernikahan. Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasullah saw yang artinya “Pada suatu pagi Rasulullah saw telah menjadi pengantin dengan Zainab binti Jahsy (Rasulullah menikahinya kemarin). Keesokan harinya Nabi saw menyelenggarakan walimatul úrs setelah menikahi isterinya, lalu beliau mengundang masyarakat kemudian mereka menikmati hidangan makanan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dimana penulis meneliti tentang pelaksanaan Walimatul ‘urs sebelum akad nikah di Kampung Lio Cibarusah-Bekasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer didapat dari hasil wawancara langsung dengan pasangan FN dan MT. Data sekunder yang dirujuk langsung dari buku-buku ilmiah yang ada kaitannya dengan cakupan masalah dalam skripsi ini. Hasil dari penelitian ini yang kemudian menjadi kesimpulan adalah; 1. Latar belakang walimatul ‘urs sebelum akad nikah di kampung Lio Cibarusah Bekasi adalah keyakinan dari salah satu pihak yakni pihak laki-laki tentang hari baik dalam melaksanakan perkawinan; 2. Tujuan walimatul ‘urs sebelum akad nikah di kampung Lio Cibarusah Bekasi adalah untuk menghargai usulan dari pihak laki-laki atas hari baik yang telah ditentukan; 3. Tinjauan hukum Islam tentang walimatul ‘urs sebelum akad nikah berdasarkan tujuan dari dilaksanakannya walimatul ‘urs maka hal tersebut bertentangan dengan ajaran Hukum Islam. Kebiasaan semacam ini termasuk kedalam ‘Urf fasid adat kebiasaan yang bertentangan dengan ajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Walimatul úrs; Úrf; Perkawinan;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Culture and Institutions > Marriage
Customs of Life Cycle and Domestic Life > Wedding and Marriage Customs
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Prgram Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: eris hanifah
Date Deposited: 15 Jan 2020 01:38
Last Modified: 12 Feb 2020 04:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28499

Actions (login required)

View Item View Item