Kontrol sosial pada bisnis indekos dalam menanggulangi kasus pergaulan bebas: Studi kasus pada bisnis indekos RT 03 RW 04 Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru

Ridwan, Asep Muhamad (2019) Kontrol sosial pada bisnis indekos dalam menanggulangi kasus pergaulan bebas: Studi kasus pada bisnis indekos RT 03 RW 04 Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Adanya pembangunan sarana pendidikan seperti kampus akan berdampak pada lingkungan sekitarnya seperti tumbuhnya bangunan indekos. Norma dan nilai yang seharusnya dipatuhi untuk mencapai tujuan akan menjadi samar ketika banyak penghuni indekos dari luar daerah, maka dari itu adanya kontrol sosial yang berpengaruh dalam masyarakat guna tercapainya sebuah tujuan. Tujuan tersebut harus dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat guna tercapainya sebuah keseimbangan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme kontrol sosial bisnis indekos dan bagaimana dampak serta perilaku penghuni bisnis indekos di RT 03 RW 04 Kelurahan Pasir Biru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengambil dari salah satu pemikiran Robert K.Merton, dimana Merton menlihat ada keterhubungan antara masalah kejahatan dengan anomie. Merton menjelaskan bahwa di dalam struktur sosial terdapat penyimpangan yang terjadi akibat adanya disfungsi antara norma dengan tujuan kultural dengan kemampuan anggota kelompok untuk bertindak menurut norma dan tujuan tersebut Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data primer yang terdiri dari aparatur pemerintahan dalam hal ini kelurahan, pemilik bisnis indekos, tokoh masyarakat dan penghuni indekos, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalaui studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa upaya control sosial yang dilakukan masyarakat dalam pencegahan perilaku pergaulan bebas bersifat preventive dan represif. Baik pencegahan maupun penanganan dialakukan secara persuasive dan koersif. Cara persuasive yang dilakukan adalah tata tertib, pengisisan form dan menyertakan fotokopi KTP serta KTM, pendataan ulang penduduk, musyawarah, penjagaan satpam, mnghubungi orang tua mahasiswa, dan membuat surat pernyataan. Sedangkan cara koersif yang dilakukan adalah penggerebekan, pengusiran. Diamana hal ini sesuai berdasarkan teori Aniome menurut Robert K Merton, dimana di dalam struktur sosial terdapat penyimpangan yang terjadi akibat adanya disfungsi antara norma dan tujuan dengan kemampuan anggota atau kelompok untuk bertindak sesuai norma dan tujuan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kontrol sosial; pergaulan bebas;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Process > Social Control
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Asep Muhamad Ridwan
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:38
Last Modified: 14 Jan 2020 02:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28554

Actions (login required)

View Item View Item