Aplikasi nilai tasawuf akhlaqi dalam kehidupan sosial remaja : studi kasus pada organisasi remaja Masjid At-Taqwim Cibiru Wetan Bandung

Andriyani, Tineu (2017) Aplikasi nilai tasawuf akhlaqi dalam kehidupan sosial remaja : studi kasus pada organisasi remaja Masjid At-Taqwim Cibiru Wetan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB IV)
7-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)

Abstract

Perjalanan kehidupan sosial masyarakat saat ini banyak terganggu oleh berbagai macam konflik peran dan status sosial yang ada di masyarakat. Akibatnya, aparat pemerintah hilang kepercayaan dari masyarakatnya karena sering lalai menjalankan peran jabatannya dan orang tua banyak yang kehilangan wibawa didepan anak-anaknya karena kewajiban mereka dalam mendidik tidak terlaksana. Kondisi seperti ini membuat remaja cenderung bersikap anti sosial dalam menjalani hidupnya karena mencontoh dari sikap orang tua mereka yang selalu tidak ada saat seorang anak membutuhkannya. Sehingga terjadilah konflik sosial yang menyebabkan remaja membuat sendiri cara melampiaskan permasalahan hidupnya tanpa memikirkan akibat yang akan terjadi, seperti tawuran pelajar atau penyalahgunaan obat-obatan. Di samping itu, remaja sekarang sangat kurang mendapat perhatian dari orang tuanya, kebanyakan dari mereka tidak memiliki dasar pendidikan akhlak yang baik. Jika remaja telah mendapatkan bimbingan akhlak, maka dalam menentukan sikap terhadap masalah yang sedang dihadapi, tetap akan mempertimbangkan norma agama dan sosial yang berlaku. Untuk mengetahui proses pendidikan akhlak pada remaja dan membuat remaja menjadi kreatif, maka penelitian ini dilakukan pada kelompok remaja yang dibimbing berdasarkan ajaran agama islam dengan konsep tasawuf akhlaki. Kelompok remaja itu adalah remaja yang tergabung dalam Ikatan Santri Masjid At-Taqwim (ISMA Corporation) yang berlokasi di Masjid At-Taqwim Cibiru Wetan Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kehidupan sosial remaja dan untuk mengetahui aplikasi nilai-nilai tasawuf akhlaki dalam kehidupan sosial remaja. Sehingga dapat menjadi sebuah terapi bagi kenakalan remaja saat ini. Dalam operasionalnya, metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan harapan dapat mencapai hasil yang diharapkan dan sesuai dengan kondisi Ikatan Santri Masjid At-Taqwim (ISMA Corporation), teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa aplikasi nilai-nilai tasawuf akhlaki pada kehidupan sosial remaja masjid At-Taqwim ini dapat berhasil karena pemberian pemahaman yang baik tentang Tasawuf Akhlaki dan pengamalan akhlak yang dilakukan secara bersama sama seperti kebiasaan sholat berjamaah, berkumpul belajar bersama di masjid, bahkan mereka telah mampu mendirikan DT (Diniyah Takmiliyah). Selama penelitian berlangsung tidak ada remaja yang terlibat dengan hal-hal negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sosial Remaja; Akhlak; Pembinaan Akhlak; Tasawuf; Tasawuf Akhlaki;
Subjects: Islam
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:44
Last Modified: 06 Jan 2020 08:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28593

Actions (login required)

View Item View Item