Komunikasi terapeutik konselor adiksi di Rumah Rehabilitasi Tenjo Laut Desa Babakanmulya Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan

Nurislamiah, Mia (2019) Komunikasi terapeutik konselor adiksi di Rumah Rehabilitasi Tenjo Laut Desa Babakanmulya Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy

Abstract

Program rehabilitasi bagi para pecandu narkoba, didasarkan atas penggunaan komunikasi dan konseling sebagai metode terapi dan rehabilitasi. Penggunaan komunikasi terapeutik yang tercipta diantara pecandu narkoba sebagai residen dengan konselor adiksi mengarahkan pada proses terapi. Metode terapi dan rehabilitasi ini dikenal dengan istilah therapeutic community. Therapeutic Community termasuk dalam bagian dari Rumah Rehabilitasi Tenjo Laut Desa Babakanmulya Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan yang merupakan rumah rehabilitasi bagi ekspecandu narkoba yang telah menjalani proses rehabilitasi penyalahgunaan narkotika. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui proses, strategi, metode dan teknik komunikasi terapeutik konselor adiksi terhadap korban penyalahgunaan narkoba di Rumah Rehabilitasi Tenjo Laut Desa Babakanmulya Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini ada dua macam Sumber data primer dalam penelitian ini adalah informan dan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumen yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan teknik pengumpulan data berupa triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa : 1) Proses komunikasi terapeutik yang dilakukan terhadap para korban penyalahgunaan narkoba di Rumah Rehabilitasi Tenjo Laut dilakukan melalui proses komunikasi persuasif yang dilakukan secara intensif dalam interaksi keseharian, baik melalui komunikasi verbal dan nonverbal. 2) Strategi komunikasi terapeutik yang diterapkan terhadap para korban penyalahgunaan narkoba adalah melalui komunikasi terapeutik (verbal dan nonverbal) yang dilakukan secara terus-menerus untuk mengembalikan para korban penyalahgunaan narkoba kepada jalan benar. 3) Metode terapi komunikasi terapeutik yang dilakukan konselor adiksi berupa metode konseling. Konseling tersebut terdiri dari konseling group (static group) dan konseling individu (individual counseling). 4) Teknik komunikasi terapeutik yang digunakan terhadap para korban penyalahgunaan narkoba adalah: (a) teknik komunikasi reflektif, yaitu dengan memberikan kesempatan pada residen untuk mengemukakan pendapatnya dan menerima ide dan perasaannya sebagai bagian dari dirinya sendiri; (b) teknik komunikasi asertif (assertive), dimana konselor adiksi berupaya meyakinkan para residen bahwa mereka akan mampu mencapai keadaan yang diharapkan, yakni dapat segera sembuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Terapeutik; Konselor; Adiksi;
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Social Groups > Social Classes
Social Groups > Religious Groups
Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: mia nurislamiah
Date Deposited: 07 Jan 2020 05:59
Last Modified: 07 Jan 2020 05:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28615

Actions (login required)

View Item View Item