Perbandingan algoritma Boyer Moore dengan algoritma Horspool pada aplikasi kamus Betawi-Indonesia menggunakan Tesseract untuk fitur Optical Character Recognition (OCR)

Roni, Muhamad (2019) Perbandingan algoritma Boyer Moore dengan algoritma Horspool pada aplikasi kamus Betawi-Indonesia menggunakan Tesseract untuk fitur Optical Character Recognition (OCR). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi berbasis Android kini tengah banyak digunakan oleh masyarakat karena banyak membantu dalam pekerjaan, pembelajaran dan aktivitas serupa. Salah satunya dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya yang beragam seperti Betawi yang memiliki ciri khas yaitu bahasanya. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi penerjemah berbasis mobile dari citra atau gambar dengan menggunakan algoritma string matching dalam proses pencarian kata, namun dengan banyaknya algoritma string matching yang ada belum diketahui algoritma mana yang memiliki performa pencarian paling baik. Maka dari itu perlu dilakukannya perbandingan algoritma yaitu algoritma Boyer Moore dengan algoritma Horspool yang diimplementasikan pada kamus bahasa Betawi – Indonesia. Fitur Optical Character Recognition digunakan agar image terkonversi kedalam bentuk teks yang ditangkap oleh kamera smartphone untuk memudahkan pengguna dalam menerjemahkan kata. Kamus Betawi – Indonesia dipilih karena banyak yang belum mengerti dan mengetahui serta banyak kosakata yang tidak terekspos. Dalam pencarian data pada kamus dari kedua algoritma ini, algoritma Boyer Moore memiliki tingkat akurasi 100%, dan algoritma Horspool 99.5%. Sedangkan pada tingkat kecepatan algoritma Boyer Moore memiliki tingkat kecepatan rata-rata paling baik yaitu 79ms, algoritma Horspool di posisi kedua dengan nilai rata-rata sebesar 120ms.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Android; Kamus; Betawi; Algoritma Boyer Moore; Algoritma Horspool; Optical Character Recognition (OCR);
Subjects: Indonesia
Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Dictionaries
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Muhamad Roni Roni
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:25
Last Modified: 10 Jan 2020 08:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28684

Actions (login required)

View Item View Item