Peningkatan mutu pendidikan dalam implementasi sistem manajemen terbuka: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Hanif - Cibeber Cianjur

Rosyidah, Fitria Nur (2018) Peningkatan mutu pendidikan dalam implementasi sistem manajemen terbuka: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Hanif - Cibeber Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen pesantren pada saat ini dihadapkan pada dua tantangan sekaligus, yaitu: pertama, sistem manajemen di beberapa pesantren tradisional biasanya masih bersifat tertutup karena pesantren sering dianggap menganut sistem manajemen bapak (paternalistic management), dan kedua, munculnya Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang ditetapkan pemerintah juga menjadi tantangan baru yang dihadapi pesantren sebagai sub sistem pendidikan nasional. Pesantren tidak hanya dituntut untuk “keluar” dari sistem manajemen tertutup tetapi juga harus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikannya agar tidak kalah bersaing. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memotret perencanaan, pengendalian dan perbaikan mutu pendidikan dalam implementasi sistem manajemen terbuka di Pondok Pesantren Al-Hanif yang didasarkan pada dua teori yaitu teori open system dari Ludwig Von Bertalanffy dan the Juran trilogy dari Joshep M. Juran. Penelitian ini menghasilkan kegunaan teoritis tentang konsep peningkatan mutu pendidikan yang sangat relevan diterapkan dalam menjawab tantangan yang dihadapi oleh pondok pesantren yang sistem manajemennya masih tertutup dan paternaslistic. Sedangkan kegunaan praktisnya adalah untuk mengembangkan ilmu Pendidikan Islam, terutama yang berkaitan dengan manajemen mutu pendidikan di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analitik dengan variasi studi kasus (case study). Jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data yang sesuai dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang dilakukan oleh subjek penelitian yaitu warga Pondok Pesantren Al-Hanif. Sumber data tersebut diklasifikasikan menjadi data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari subjek penelitian dan data sekunder dari berbagai dokumen yang berhubungan dengan materi penelitian dan mendukung data primer. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konsep peningkatan mutu pendidikan dalam implementasi sistem manajemen terbuka di pondok pesantren. Dalam penelitian ini diperoleh suatu temuan bahwa perencanaan mutu pendidikan dalam implementasi sistem manajemen terbuka di Pondok Pesantren Al-Hanif dilaksanakan melalui agenda rutin yang dibahas dalam Rapat Pimpinan yang berhubungan dengan perencanaan mutu pendidikan, yaitu; (1) Menyusun dan menetapkan pengurus pesantren dengan konsep Pelibatan dan Pemberdayaan Santri (PPS), (2) Mengolah saran-saran melalui mekanisme Sistem Saran, dan (3) Menyusun Rencana Strategis Pondok Pesantren Al-Hanif. Pengendalian mutu pendidikan dalam implementasi sistem manajemen terbuka di Pondok Pesantren Al-Hanif adalah penjaminan dan pengawasan mutu pendidikan dalam kerangka sistem manajemen terbuka. Penjaminan mutu pendidikan diimplementasikan melalui langkah-langkah; (1) Menetapkan standar mutu lulusan, (2) Menyusun tata laksana kegiatan, dan (3) Melakukan monitoring, audit internal dan eksternal. Pengawasan mutu pendidikan diimplementasikan melalui langkah-langkah; (1) Identifikasi kepuasan pengguna jasa, (2) Evaluasi kinerja, dan (3) Patok duga (benchmarking). Sedangkan perbaikan mutu pendidikan dalam implementasi sistem manajemen terbuka di Pondok Pesantren Al-Hanif adalah penataan ulang pesantren (pesantren review) yang diimplementasikan melalui mekanisme Rapim.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pendidikan; Manajemen Terbuka; Pondok Pesantren;
Subjects: Education > Organization of Education
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fitria Nur Rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:22
Last Modified: 15 Jan 2020 07:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28773

Actions (login required)

View Item View Item