Liputan foto jurnalistik olahraga: Studi fenomenologi wartawan foto Bandung dalam penentuan angle foto jurnalistik olahraga

Adriyana, Riedha Aghniya (2019) Liputan foto jurnalistik olahraga: Studi fenomenologi wartawan foto Bandung dalam penentuan angle foto jurnalistik olahraga. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia jurnalistik, fotografi olahraga adalah sebuah anak cabang fotografi yang sangat digemari. Fotografi olahraga selalu menyertai berita-berita olahraga. Bisa dikatakan sebuah tiras, sebuah media cetak, seperti koran juga ditentukan mutu berita olahraganya. Salah satu terpenting yang harus disadari dalam fotografi olahraga adalah berbagai kenyataan, seperti adegan yang terpotret kadang bukanlah adegan yang terlihat oleh mata sang fotografer karena cepatnya kejadian. Tujuan penelitian ini bermaksud untuk untuk mengetahui pemahaman, pemaknaan dan pengalaman wartawan foto Bandung dalam proses peliputan angle foto olahraga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi menurut Alfred Schutz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan studi fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui dunia dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung atau berkaitan dengan sifat-sifat alami pengalaman manusia, dan makna yang ditempelkan maknanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa pemahaman informan mengenai angle foto olahraga terbagi menjadi tiga, yaitu pengetahuan, definisi dan pandangan angle foto olahraga menarik. Sementara itu, informan memaknai bahwa pengambilan foto harus ditentukan dahulu agar foto yang dihasilkan lebih menarik. Pentingnya peran wartawan foto adalah sebagai jembatan bagi pembaca. Selanjutnya, pengalaman dalam proses peliputan menunjukan bahwa wartawan foto harus paham terhadap rule of game dengan melakukan riset, observasi dan abstraksi. Di isisi lain informan pernah mengalami pengalaman buruk ketika melakukan peliputan olahraga. Dalam hal kebijakan redaksi, wartawan foto harus lebih berekplorasi agar memberikan foto yang menarik dan bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Angle Foto; Foto Jurnalistik; Foto Olahraga; Wartawan Foto Bandung
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Photography and Photographs
Photography and Photographs > Philosophy and Theory of Photography and Photographs
Photographs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Riedha Aghniya Adriyana
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:52
Last Modified: 22 Jan 2020 07:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28802

Actions (login required)

View Item View Item