Pengaruh implementasi kebijakan penetapan calon tunggal pada pemilihan kepala daerah terhadap partisipasi pemilih di Kabupaten Tasikmalaya.

Lestari, Firda (2017) Pengaruh implementasi kebijakan penetapan calon tunggal pada pemilihan kepala daerah terhadap partisipasi pemilih di Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)

Abstract

Fenomena yang terjadi pada penelitian yaitu partisipasi pemilih pada pemilukada mengalami penurunan dari presentase periode sebelumnya. Diduga karena dalam pemilukada kali ini berbeda dengan adanya penetapan calon tunggal yang baru terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi kebijakan penetapan calon tunggal pada pemilihan kepala daerah terhadap partisipasi pemilih di Kabupaten Tasikmalaya. Peneliti menggunakan teori implementasi kebijakan dari Donald Van Metter dan Carl Van Horn (2006) sebagai variabel independen (X). Sedangkan untuk mengukur partisipasi pemilih menggunakan teori Miriam Budiardjo (2010) sebagai variabel dependen (Y). Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat kuantitatif asosiatif, jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan penyebaran angket. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis terjadi pengaruh dari dimensi implementasi kebijakan yaitu karakteristik agen pelaksana, berpengaruh terhadap partisipasi pemilih. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil data statistik uji t yaitu perbantingan thitung dengan ttabel yang dihitung dengan menunjukan thitung sebesar 5,003 sedangkan ttabel sebesar 2,016 maka thitung > ttabel ( 5,003 > 2,016) berarti H0 ditolak Ha diterima. Dimensi disposisi berpengaruh terhadap partisipasi pemilih. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil data statistik uji t yaitu perbantingan thitung dengan ttabel yang dihitung dengan menunjukan thitung sebesar 4,673 sedangkan ttabel sebesar 2,016 maka thitung > ttabel ( 4,673 > 2,016) berarti H0 ditolak Ha diterima. Dan dimensi komunikasi, berpengaruh terhadap partisipasi pemilih yang ditunjukkan dari hasil sata statistik uji t yaitu perbandingan thitung dengan ttabel yang dihitung dengan menunjukan thitung sebesar 4,035 sedangkan ttabel sebesar 2,016 maka thitung > ttabel ( 4,035 > 2,016) berarti H0 ditolak Ha diterima. Nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, yaitu sebesar 0,000 dengan pengaruh sebesar 90,8% sedangkan sisanya 9,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal tersebut ditunjukan dari hasil data statistik uji F yaitu perbandingan Fhitung dengan Ftabel yang diperoleh dengan menunjukan Fhitung dan Ftabel sebesar sebesar 2,43 maka Fhitung > Ftabel (70,589 > 2,43) berarti H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan implementasi kebijakan penetapan calon tunggal secara simultan berpengaruh terhadap partisipasi pemilih di Kabupaten Tasikmalaya sebesar 90,8% sedangkan sisanya sebesar 9,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Penetapan Calon Tunggal; dan Partisipasi Pemilih.
Subjects: Political Process > Election System
Political Process > Geographic Treatment
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:47
Last Modified: 16 Jan 2020 03:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28817

Actions (login required)

View Item View Item