Strategi pemberdayaan lansia di UPTD PSRLU (Unit Pelaksanan Teknis Dinas Panti Sosial Rehablitasi Lanjut Usia) dalam meningkatkan kesejahteraan sosial: Studi deskriptif di UPTD PSRLU Kabupaten Bandung Jawa Barat

Wijaya, Risma Pradaniawati (2019) Strategi pemberdayaan lansia di UPTD PSRLU (Unit Pelaksanan Teknis Dinas Panti Sosial Rehablitasi Lanjut Usia) dalam meningkatkan kesejahteraan sosial: Studi deskriptif di UPTD PSRLU Kabupaten Bandung Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (CAVER)
1_caver.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan Lansia (Lanjut Usia ) terlantar sangatlah penting, supaya lansia yang dianggap sebagai kelompok lemah dan rentan yang menambah masalah sosial dan hanya menjadi beban negara bisa dirubah Tujuan penelitian ini adalah agar bisa mengetahui lebih dalam tentang Strategi dan program pemberdayaan serta upaya-upaya yang dilakukan dan hasil dari pemberdayaan lansia yang dilakukan oleh UPTD PSRLU dalam meningkatkan kesejahteraan sosial . Berdasarkan tujuan penelitian di atas maka peneliti mengambil karangka berfikir tentang pemberdayaan dari pemberdayaan Twelvetress yang membagi pembeerdayaan kedalam dua pendekatan yakni pendekatan profesional dan pendekatan radikal. Pendekatan profesional adalah upaya mneingkatkan kemandirian. Sedangkan pendekatan radikal adalah mengubah ketidakseimbangan melalui pemberdayaan kelompok lemah, mencari sebab-sebab kelemahan mereka, serta menganalisis sumber ketertinadanyya dengan melalaui perwatatan masyarakat, pengorganisasian masyarakat, pembangunan masyarakat. Metode penelitian yang yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan sebagai prosedur dalam memecahkan masalah yang di teliti dengan memaparkan yang sebenarnya dari objek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitian ini adalah pekerja sosial yang terdiiri dari 2 orang lansia yang masih potesnsial dan mengikuti program pemberdayaan, pendamping lansia dalam program pemberdayaan di UPTD PSRLU Pakutandang, Ciaparay kabuapten Bandung Sebagai instrumen utama dalam penelitian ini dengan di bantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil peneltian menunjukan bahwa: 1). Pemberdayaan dalam menigkatkan kesejahteraan sosial dengan berbagai program pelatihan pemberdayaan , Bimbingan Spritual Keagamaan , kelengkapan sarana dan prasaran dll, 2). Upaya Pemberdayaan lansian yang dilakukan oleh UPTD PSRLU untuk mendorong adanya peningkatan Kesejahteraan Sosial untuk mencapai standar kehidupan dak kesehatan tercapainya standar kehidupan pokok sandang, perumahan, pangan serta relasi-relasi soisla. 3). Hasil pemberdayaan Lansia ialah 1). Mengurangi Masalah-Masalah Sosial, 2). Peningkatan kesejahteran sosial meningkat, 3). Kemandirian Lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Lansia; Mandiri; dan Kesejahteraan Sosial
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: risma pradaniawati
Date Deposited: 31 Mar 2020 01:52
Last Modified: 31 Mar 2020 01:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28834

Actions (login required)

View Item View Item