Sikap sabar mantan pecandu narkoba dalam menghadapi stigma sosial : Studi kasus pada mantan pecandu narkoba di BNNP Jl. H.Hasan No. 01 Kel. Cisaranten Kidul, Kec. Gedebage, Kota Bandung Provinsi Jawa Barat

Ardilah, Nur (2019) Sikap sabar mantan pecandu narkoba dalam menghadapi stigma sosial : Studi kasus pada mantan pecandu narkoba di BNNP Jl. H.Hasan No. 01 Kel. Cisaranten Kidul, Kec. Gedebage, Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh mantan pecandu narkoba yang sedang menjalankan Pascarehabilitasi di BNNP Jabar dengan program Reguler, oleh karena itu penulis melihat sikap sabar memiliki peran penting agar para mantan pecandu narkoba mampu mengahadapi stigma sosial ketika mereka kembali kepada masyarakat, karna dari salah satu klien mengatakan bahwa ada rasa takut dalam menghadapi stigma social yang ada di masyarakat. Sehingga sering muncul akibat dari perasaan tersebut rasa kegelisahan, kecemasan, bahkan sampai putus asa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknyapengaruh sikap sabar mantan pecandu narkoba dalam menghadapi stigma sosial yang ada dimasyarakat, dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari mantan pecandu narkoba di BNNP Jabar Bandung, yang sedang menjalani Pascarehabilitasi Reguler.Sampel yang diambil sejumlah 25 orang responden.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dengan menggunakan skala likert. Hasil pengujian koefisien regresi secara simultan diperoleh sig = 0,020< 0,025, maka H1 ditolak, dan H2 diterima. Jadi terdapat pengaruh yang sedang atau moderat antara sikap sabar terhadap stigma sosial.Hasil analisis pengaruh, koefisien korelasi sebesar -0,462 dan nilai signifikan sebesar 0,020. Pada penelitian ini ditemukan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,020<0,05) menunjukan adanya hubungan yang erat antara sikap sabar terhadap stigma sosial, dan berbanding terbalik. Kesimpulan penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sedang atau moderat antara sikap sabar terhadap stigma sosial. Diketahui dari hasil pengolahan data secara statistik bahwa tingkat kesabaran klien, mendapatkan skor tertinggi sebesar 60 dan 35 untuk skor terendah, sedangkan untuk skor stigma sosial skor tertinggi 42 dan 13 untuk skor terendah. Skor yang didapat merupakan hasil dari uji validitas yang dilakukan dari 25 orang responden dengan 36 pernyataan. Adapun data yang valid dari sikap sabar sebanyak 15 dari 20 item pernyataan dan untuk stigma sosial sebanyak 13dari 16 item pernyataan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Sabar; Mantan Pecandu Narkoba; Stigma Sosial;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: nur Ardilah
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:01
Last Modified: 03 Mar 2020 07:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28900

Actions (login required)

View Item View Item