Tinjauan hukum pidana Islam terhadap undang-undang nomor 8 tahun 2008 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidanan pencucian uang

Chaerullah, Fajar (2019) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap undang-undang nomor 8 tahun 2008 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidanan pencucian uang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Kejahatan Money Londryng yang semakin tahun semakin meningkat ini dapat menimbulkan krisis moneter bagi masyarakat maupun Negara baik sekala nasional maupun internasional. Berangkat dari fenomena tersebut penyusun tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang identifikasi, kriteria serta sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana pencucian uang dengan menggunakan pendekatan yuridis-normatif dalam komparasi dua sistem hukum, yaitu hukum Islam dan hukum positif (Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang). Penelitian yang penulis buat ini bertujuan untuk mengetahui tindak pidana pencucian uang menurut Undang-Undang, tindak pidana pencucian uang menurut Hukum Pidana islam, serta Relevansinya antara Undang-Undang dan Hukum Pidnan Islam yang nantinya pembaca pada umumnya dan khususnya kepada penulis dapat memberi wawasan lebih seputar tindak pidana pencucian uang. Hukum Pidana adalah memberi sistem dalam bahan-bahan yang banyak dari hukum itu. Asas-asas dihubungkan satu sama lain sehingga dapat dimasukan dalam suatu sistem. Penyelidikan secara demikian adalah dogmatis yuridis. Salah satu alat atau cara untuk mencapai tujuan hukum pidana itu sendiri adalah memidana seseorang yang telah melakukan tindak pidana. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu menggunakan data berupa buku dan karya tulis lain yang berhubungan dengan pembahasan mengenai masalah yang di teliti dan sifatnya persepektif dan terapan. Sedangkan teknik dan pengumpulan data adalah mereduksi berbagai ide, teori, dan konsep dari berbagai literatur yang relevan serta menitikberatkan pada pencarian kata kunci yang diambil dari al-Qur’an, as-Sunnah, dan pendapat para ulama. Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data, dan data display. Hukum Pidana tidak bisa di pisahkan dari pembahasan mengenai sanksi pidana yang di kenakan bagi para pelaku tindak pidana. Tinjauan hukum pidana itu sendiri adalah; pertama, untuk menakut-nakuti orang agar jangan sampai melakukan kejahatan (prepentive). Kedua, untuk mendidik atau memperbaiki orang-orang yang sudah menandakan suka melakukan kejahatan agar menjadi orang yang baik tabiatnya (represif)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hukum pidana Islam; Money Laundry; Pencucian uang; Undang-undang nomor 8 tahun 2010;
Subjects: Islam
Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Criminal Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Fajar Chaerullah
Date Deposited: 02 Apr 2020 07:53
Last Modified: 02 Apr 2020 07:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28958

Actions (login required)

View Item View Item