Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap akad wakalah bil ujrah pada produk asuransi Allisya Protection Plus di PT Asuransi Allianz Life Indonesia Kantor Pelayanan Bandung

Fauziah, Wilda Nuril (2019) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap akad wakalah bil ujrah pada produk asuransi Allisya Protection Plus di PT Asuransi Allianz Life Indonesia Kantor Pelayanan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

PT. Allianz Life Indonesia ini memiliki salah satu produk asuransi syariah yaitu Allisya Protection Plus. Allisya Protection Plus ini merupakan salah satu produk yang mana peserta bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Yaitu yang pertama manfaat perlindungan jiwa dan yang kedua adalah peserta bisa berinvestasi didalamnya. Namun dalam pelaksanaannya, ada salah satu larangan dalam fatwa yang dilakukan oleh pihak asuransi, yaitu adanya pengambilan bagi hasil investasi sebesar 20%. Tujuan dari penelitian ini adalah yang 1) Untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan produk Allisya Protection Plus di PT. Asuransi Allianz Life Indonesia Kantor Pelayanan Bandung. 2) Untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap Akad wakalah bil ujrah pada produk asuransi Allisya Protection Plus di PT. Asuransi Allianz Life Indonesia Kantor Pelayanan Bandung. 3) Untuk menetahui harmonisasi akad Wakalah bil Ujrah pada produk asuransi Allisya Protection Plus dengan Fatwa DSN MUI NO 52/DSN MUI/III/2006 tentang akad wakalah bil ujrah pada asuransi syariah dan reasuransi Syariah. Penelitian ini bertolak pada konsep-konsep mengenai akad wakalah bil ujrah dan ketentuan-ketentuan yang ada dalam fatwa DSN MUI NO 52/DSN MUI/III/2006 tentang Akad Wakalah bil Ujrah pada Asuransi Syariah dan Reasuransi Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. dengan jenis data kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang pengumpulannya tidak dipadu oleh teori, tetapi dipadu oleh fakta-fakta yang ditemukan pada saat penelitian dilapangan. Adapun tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah berupa wawancara dengan salah satu Agen asuransi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari penilitian ini adalah 1) Mekanisme pelaksanaan akad wakalah bil ujrah pada produk asuransi Allisya Protection Plus yaitu pemberian kewenangan oleh peserta asuransi kepada pengelola untuk mengelola dan menginvestasikan sejumlah kontribusi dengan memberikan sejumlah ujrah sesuai dengan kesepakatan. 2) Bahwa terdapat ketidaksesuaian dalam hal penetapan bagi hasil dari hasil investasi sebesar 20% untuk perusahaan. Yang mana dalam ketentuan disebutkan bahwa “Perusahaan asuransi tidak berhak memperoleh bagian dari hasil investasi. 3) Harmonisasi akad Wakalah bil Ujrah pada produk asuransi Allisya Protection Plus dengan Fatwa DSN MUI NO 52/DSN MUI/III/2006 terdapat 2 kemungkinan dalam pengambilan bagi hasil investasi. Kemungkinan yang pertama adalah, perusahaan bisa mengambil bagi hasil dari hasil investasi dengan catatan tidak mengambilnya di tahun ke 1 sampai tahun ke 5. Kemudian untuk kemungkinan yang kedua adalah bahwa perusahaan asuransi tidak mengambil bagi hasil sedikitpun dari hasil investasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hukum ekonomi syariah; asuransi;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Wilda Nuril Fauziah
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:54
Last Modified: 29 Jan 2020 03:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28987

Actions (login required)

View Item View Item