Dampak modernisasi terhadap pudarnya nilai-nilai solidaritas sosial masyarakat desa: Penelitian di Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

Widiantari, Windy (2019) Dampak modernisasi terhadap pudarnya nilai-nilai solidaritas sosial masyarakat desa: Penelitian di Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya modernisasi di Desa Pasirnanjung yang ditandai oleh masyarakat yang awalnya homogen berubah menjadi heterogen. Misalnya mata pencaharian yang beragam, pendidikan semakin baik, banyaknya masyarakat pendatang menyebabkan masyarakat terbuka terhadap masyarakat luar. Modernisasi memiliki dampak positif dan negatif, positifnya kemudahan dalam berbagai hal karena dengan adanya teknologi, negatifnya berubahnya kebiasaan tradisional yaitu mulai memudarnya nilai-nilai solidaritas sosial seperti gotong royong karena faktor kesibukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) proses modernisasi di Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, 2) tingkat solidaritas sosial di Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, 3) dampak yang diakibatkan dari proses modernisasi di Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah solidaritas sosial Emile Durkheim. Teori ini menjelaskan solidaritas sosial mekanik dan organik. Solidaritas mekanik didasarkan pada suatu tingkat homogenitas yang tinggi, pembagian kerja bersifat sangat minim. Sedangkan solidaritas organik pembagian kerja besar, tingkat saling ketergantungan tinggi, kesadaran kolektif lemah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan kajian pustaka. Setelah itu data di analisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) proses modernisasi dengan masuknya televisi, media sosial, penerangan sudah baik, adanya beberapa perumahan, berkembangnya industri, pendidikan semakin baik, kepemilikan transportasi, kemudahan dalam berbagai hal, 2) solidaritas sosial masyarakat memudar beralih ke solidaritas organik kurang seantusias dulu karena faktor kesibukan, 3) dampak positif memudahkan dalam berbagai hal karena adanya teknologi tetapi juga ada negatifnya yaitu masyarakat menjadi lebih konsumtif, kesibukan yang membuat kurangnya interaksi serta kegiatan solidaritas sosial masyarakat pun memudar, masyarakat menjadi individualis, modernisasi pula mengikis kultur kita yang telah ada, generasi muda terutama remajanya mengalami degradasi moral dan terlalu disibukan dengan game online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modernisasi; Solidaritas Sosial; Masyarakat
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Windy Widiantari
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:02
Last Modified: 28 Jan 2020 04:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28995

Actions (login required)

View Item View Item