Pelaksanaan akad Mudharabah Mutlaqah pada asuransi dalam tabungan Investa Cendekia di Bank Syariah Mandiri kantor cabang Purwakarta

Mardiana, Hilma (2019) Pelaksanaan akad Mudharabah Mutlaqah pada asuransi dalam tabungan Investa Cendekia di Bank Syariah Mandiri kantor cabang Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Tabungan Investa Cendekia merupakan tabungan berjangka khusus untuk keperluan uang pendidikan dengan jumlah setoran bulanan tetap (installment) dan dilengkapi dengan perlindungan asuransi. Produk Tabungan Investa Cendekia yaitu salah satu bentuk kerja sama dalam menggabungkan dua produk, yaitu produk perbankan dan produk asuransi. Ketika menjadi nasabah pada produk bank tersebut, selain manfaat perlindungan asuransi, nasabah juga kan mendapatkan bagi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Produk Tabungan Investa Cendekia di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Purwakarta. (2) Penyesuaian Fatwa DSN No 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Asuransi dalam Tabungan Investa Cendekia di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Purwakarta. Penelitian ini didasari adanya pemikiran bahwa di dalam asuransi syariah tidak mengenal adanya loss premium karena perusahaan hanya bertindak sebagai pemegang amanah dari peserta untuk mengelola dananya. Sedangkan dalam produk Tabungan Investa Cendekia apabila selama berlakunya TIC tidak terjadi klaim hingga jatuh tempo, maka premi yang selama ini dibayar akan hangus dan akan di kelola oleh PT.Asuransi Takaful Keluarga. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif, yaitu suatu penelitian dimana peneliti menggambarkan dan menganalisis data-data yang relevan dengan objek yang peneliti kumpulkan. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi langsung ke Bank, studi pustaka dengan mencari teori-teori yang berhubungan dengan produk TIC dan juga wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada salah satu perwakilan dari Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Purwakarta yang berkaitan dengan Tabungan Investa Cendekia tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan akad Mudharabah dalam Produk TIC di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Purwakarta telah sesuai dengan akad mudharabah dalam fiqih muamalah. Dalam Produk TIC, Bank Syariah Mandiri bekerja sama dengan PT. Asuransi Takaful Keluarga. Akad asuransi dalam TIC menginduk ke akad Tabungan Investa Cendekia. Dengan adanya keterlibatan asuransi dalam Produk TIC, maka total jumlah setoran TIC tidak akan sama dengan target dana sesuai dengan waktu yang diambil, karena telah dikurangi dengan premi asuransi yang didebet dari setoran bulanan. Pada mulanya yang dipergunakan dalam manfaat asuransi yang melekat pada TIC yaitu akad tijarah. Namun, dikarenakan adanya penggabungan dua produk, maka akad dalam asuransi yang melekat pada produk TIC berubah menjadi akad tabarru’, disebabkan unsur premi yang terkandung dalam produk TIC merupakan premi dengan unsur tabungan. Sehingga, apabila tidak terjadi klaim pada saat TIC telah jatuh tempo, jumlah dana yang akan diterima yaitu hanya jumlah setoran tetap setelah dikurangi premi dikalikan dengan jumlah tahun yang dipilih ditambah dengan bagi hasil yang diterima nasabah setiap bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad; Tabungan; Investa; Cendekia; Asuransi
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: hilma mardiana
Date Deposited: 04 Feb 2020 06:05
Last Modified: 04 Feb 2020 06:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29059

Actions (login required)

View Item View Item