Pengaruh jumlah dana tabarru’ dan jumlah investasi pada pihak ketiga terhadap pertumbuhan aset PT. Allianz Syariah Periode 2013-2016

Fuaziyyah, Jilan (2017) Pengaruh jumlah dana tabarru’ dan jumlah investasi pada pihak ketiga terhadap pertumbuhan aset PT. Allianz Syariah Periode 2013-2016. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFATR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh asset merupakan aktiva yang digunakan untuk aktivitas operasional perusahaan. Semakin besar asset semakin besar operasional yang didapat perusahaan. Diantara faktor internal yang mempengaruhi tingkat asset perusahaan adalah (dana tabarru’) dan eksternal (investasi). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh jumlah dana tabarru’ terhadap pertumbuhan aset PT. Allianz Syariah secara parsial, (2) pengaruh investasi pada pihak ketiga terhadap pertumbuhan aset PT. Allianz Syariah secara parsial, (3)pengaruh jumlah dana tabarru’ dan investasi pada pihak ketiga pertumbuhan aset PT. Allianz Syariah secara simultan. Dana Tabarru’ adalah dana sukarela apabila seseorang mengalami kesulitan tanpa meminta ganti rugi. Investasi adalah menanamkan atau menempatkan aset, baik berupa harta atau dana, pada sesuatu yang diharapkan akan memberikan hasil atau meningkat kan nilai yang lebih di masa yang akan datang. Aset adalah sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menganalisis data berupa angka-angka mengunakan uji statistic. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan PT. Allianz Syariah berasal dari halaman website yang disediakan oleh PT. Allianz (www.Allianz.co.id). Hipotesis dari penelitian ini adalah sebagai berikut, H01Seberapa besar jumlah dana tabarru’ tidak berpengaruh, Ha1 Seberapa besar jumlah dana tabarru’ berpengaruh. H02 Seberapa besar jumlah investasi pada pihak ketiga tidak berpengaruh, Ha2 Seberapa besar jumlah investasi pada pihak ketiga berpengaruh. H03 Seberapa besar jumlah dana tabarru’ dan investasi pada pihak ketiga tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan aset, Ha3 Seberapa besar jumlah dana tabarru’ dan investasi pada pihak ketiga berpengaruh terhadap pertumbuhan aset. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Jumlah Dana Tabarru’ terhadap Pertumbuhan Aset menunjukan hasil koefisien determinasi 80.6%. 2)jumlah Investasi Pada Pihak Ketiga terhadap Pertumbuhan Aset menunjukan hasil koefisien determinasi98.9%. 3)uji statistic yang dilakukan Jumlah dana Tabarru’ dan Investasi Pada Pihak Ketiga terhadap Pertumbuhan Aset menunjukan hasil koefisien determinasi 99.0 % sisanya sebesar 1.0 % dipengaruuhi oleh faktor lain di luar penelitianini. Pengujian hipotesis menunjukan hasil nilai Fhitung>Ftabel (584,093 > 3,88) dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai probabalitas 0,05 (0,00 <0,05) maka H0 ditolakdan Ha diterima, secara simultan Jumlah dana Tabarru’ dan Investasi Pada Pihak Ketiga berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan aset PT. Allianz Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Dana Tabarru’; Investasi; Pertumbuhan Aset;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:38
Last Modified: 29 Jan 2020 06:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29103

Actions (login required)

View Item View Item