Pengaruh perencanaan anggaran terhadap realisasi anggaran pada Puslitbang jalan dan jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Apriana, Amalia (2017) Pengaruh perencanaan anggaran terhadap realisasi anggaran pada Puslitbang jalan dan jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)

Abstract

Perencanaan anggaran adalah perincian pengeluaran biaya untuk suatu periode tertentu agar dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Peneliti menduga perencanaan anggaran cenderung mempengaruhi realisasi anggaran, karena jika tidak ada perencanaan anggaran dalam pembuatan RAB (Rencana Anggaran Biaya) anggaran tidak akan terealisasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui besarnya pengaruh parsial serta simultan perencanaan anggaran terhadap realisasi anggaran pada PUSLITBANG Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu perencanaan anggaran sebagai variabel independen (X) dan realisasi anggaran sebagai variabel dependen (Y). penulis menggunakan teori perencanaan anggaran (X) yang dikemukakan oleh Pasollong (2010) yang terdiri dari efisiensi dan akuntabilitas. Sedangkan variabel realisasi anggaran (Y), penulis menggunakan teori Danis Ardiyanto (2012) yang terdiri dari administrasi dan sumber daya manusia, perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi guna mendapatkan data sekunder yang dibutuhkan. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t dan uji F, serta koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji data sekunder yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa secara parsial pada 3 tahun terakhir (2013-2015) variabel efisiensi secara parsial tidak berpengaruh terhadap realisasi anggaran karena karena thitung (3.318) ≤ ttabel (6.314) H0 diterima, sedangkan akuntabilitas secara parsial berpengaruh terhadap realisasi anggaran sebesar 0.853 atau 85.3 % karena thitung (-7.90) < ttabel (-6.314) maka H0 ditolak. Dan secara simultan dapat disimpulkan bahwa efisiensi dan akuntabilitas berpengaruh secara simultan terhadap realisasi anggaran karena (12.633) > Ftabel (161) maka H0 ditolak. dengan presentase pengaruh variabel independen (perencanaan anggaran) terhadap variabel dependen yaitu realisasi anggaran sebesar 0.927 atau 92.7%. sedangkan sisanya sebesar 7.3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang tinggi dari pengaruh efisiensi dan akuntabilitas terhadap realisasi anggaran sebesar 92.7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perencanaan anggaran; realisasi anggaran; kementerian PUPR
Subjects: Public Administration
Public Administration > Research, Related Topics
Specific Field of Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 30 Jan 2020 02:10
Last Modified: 30 Jan 2020 02:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29119

Actions (login required)

View Item View Item