Peranan perbadanan pembangunan ekonomi Sarawak (SEDC) Sibu dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif perbadanan pembangunan ekonomi Sarawak (SEDC), no. 40, tingkat 1, Lot 2852, Jalan Intan, Jalan Tun Abang Haji Openg, 96000 Sibu, Sarawak, Malaysia

Nasharudin, Muhamad (2020) Peranan perbadanan pembangunan ekonomi Sarawak (SEDC) Sibu dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif perbadanan pembangunan ekonomi Sarawak (SEDC), no. 40, tingkat 1, Lot 2852, Jalan Intan, Jalan Tun Abang Haji Openg, 96000 Sibu, Sarawak, Malaysia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Awalnya, masyarakat Sibu kurang terbuka dengan upaya pemberdayaan ekonomi dan karena itu taraf kesejahteraan ekonomi masyarakat kurang berdaya. Sedangkan pemberdayaan ekonomi merupakan upaya penting dalam meningkatkan taraf kesejahteraan ekonomi mereka. SEDC Sibu adalah salah satu lembaga terawal yang bertanggungjawab memberdayakan ekonomi masyarakat. Berbagai bentuk upaya yang telah dilakukan oleh SEDC Sibu untuk membantu meningkatkan taraf kesejahteraan ekonomi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana (1) bentuk-bentuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang ditawarkan oleh SEDC Sibu, (2) realisasi program pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh SEDC Sibu, dan (3) perubahan dan hasil yang dicapai oleh SEDC Sibu dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Sibu. Maka, pembahasan yang akan dibahas adalah bagaimana SEDC Sibu berperan dalam usaha pemberdayaan ekonomi masyarakat Sibu. Landasan pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan beberapa teori dasar yaitu (1) teori peranan yaitu tugas dan wewenang seseorang atau lembaga yang memeliki kedudukan tertentu yang akan mempengaruhi suatu kegiatan dan (2) teori pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu sebagai sebuah bentuk upaya dan usaha untuk meningkatkan keberdayaan individu dan masyarakat dari segi ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dalam menganalisis permasalahan yang ingin dibahas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian, pertama SEDC Sibu telah menjalankan beberapa bentuk program pemberdayaan ekonomi yang bersifat bantuan pinjaman, pelatihan, dan bimbingan seperti Skim Pinjaman Industri Kecil dan Sederhana (SPIKS), Pusat Inkubator dan Bimbingan Usahawan (PIBU), Latihan dan Bimbingan Keusahawanan, dan lain lagi. Kedua, proses yang dilakukan SEDC Sibu adalah musyawarah untuk merencanakan program, perumusan perencanaan program, pembentukan tim pelaksanaan program, dan pelaksanaan program. Ketiga, program yang telah dijalankan berhasil berdasarkan indikator yang diperoleh dari lapangan yaitu meningkatnya penghasilan seharian, mampu mengelola segala urusan dengan mandiri, dan mampu memecahkan permasalahan dengan kemampuan dan kewibawaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan; Pemberdayaan; Pemberdayaan Ekonomi Masyakat
Subjects: Communities
Communities > Community Sociology
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhamad Nasharudin
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:06
Last Modified: 04 Feb 2020 03:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29185

Actions (login required)

View Item View Item