Persepsi siswa terhadap sarana prasarana sekolah hubungannya dengan minat belajar: Penelitian terhadap siswa kelas X dan XI SMK Manbaul Huda Cigedug Garut

Maulana, Rizqi (2019) Persepsi siswa terhadap sarana prasarana sekolah hubungannya dengan minat belajar: Penelitian terhadap siswa kelas X dan XI SMK Manbaul Huda Cigedug Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik kelass X dan XI SMK Manbaul Huda mengenai persepsi terhadap sarana prasarana dan Hubungannya dengan minat belajar mereka. Di satu sisi sarana prasarana di sekolah kurang memadai, sedangkan pada lain sisi kurangnnya gairah, semangat dan minat belajar peserta didik di sekolah. Timbul persoalan: Apakah sarana prasarana sekolah yang kurang memadai ini menjadi salah satu faktor kurangnya semangat, gairah dan minat belajar peserta didik di sekolah ini ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Realitas sarana prasrana sekolah SMK Manbaul Huda, (2) Minat belajar peserta didik disekolah SMK Manbaul Huda, (3) Hubungan persepsi siswa terhadap sarana prasarana sekolah dengan minat belajar siswa. Penelitian ini mengacu pada pemikiran bahwa sebagai lembaga pendidikan, sekolah memerlukan dukungan sarana dan prasarana pendidikan. Sarana prasarana pendidikan merupakan material pendidikan yang sangat penting. Banyak sekolah memiliki sarana prasarana pendidikan yang lengkap sehingga sangat menunjang proses pendidikan di sekolah. Namun sayangnya, kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Oleh karna itu, penulis menemukan bahwa pada beberapa sekolah tingkat minat dan motivasi belajarnya cenderung rendah, dan hal tersebut dilihan dari daftar kehadiran dan nilai harian siswa. Hipotesis yang di ajukan adalah; 1) Hipotesis nol (Ho): menunjukan tidak terdapat pengaruh 2) Hipotesis Alternatif (Ha) menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode statistik deskriptif, yang digunakan untuk menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang dengan cara menuliskan hasil penelitian apa adanya. Populasinya sebanyak 34 responden yakni peserta didik SMK Manbau Huda Cigedug Garut. Alat pengumpul datanya berupa observasi, wawancara, angket. Proses analisisnya menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) realitas persepsi siswa terhadap sarana prasarana termasuk pada kualifikasi tinggi dengan rata-rata 3,79 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. (2) Realitas minat belajar siswa termasuk pada kualifikasi cukup dengan skor angket rata-rata 2,97 yang berada pada interval 2,5 – 3,5 (3) korelasi antara 2 variabel adalah (a) koefisien korelasinya berada pada kategori cukup, berdasarkan skor yang diperoleh 0,432 berada pada interval 0,400 – 0,599, berarti angka tersebut termasuk dalam kualifikasi cukup berpengaruh; (b) hasil analisis penelitian sesuai dengan hipotesis yang diajukan yakni keadaan sarana prasarana ada hubungan dengan minat belajar peserta didik, semakin baik sarana prasarana sekolah, maka minat belajar peserta didik akan semakin baik. (c) derajat pengaruh variabel X. dengan variabel Y sebesar 19% sedangkan ada faktor lain yang berpengaruh sebesar 81%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sarana Prasarana Sekolah; Minat Belajar;
Subjects: Education > Miscellany of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizqi Maulana
Date Deposited: 04 Feb 2020 06:10
Last Modified: 04 Feb 2020 06:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29211

Actions (login required)

View Item View Item