Pengaruh kualitas aktiva produktif dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Net Profit Margin (NPM) di PT. Bank BRISyariah Tahun 2012-2014

Awalina, Dian (2017) Pengaruh kualitas aktiva produktif dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Net Profit Margin (NPM) di PT. Bank BRISyariah Tahun 2012-2014. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFATR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)

Abstract

NPM merupakan rasio rentablilitas yang mengukur tingkat kemampuan bank dalam menghasilkan laba bersih dari kegiatan pokoknya dan atau menjadi tolak ukur dari efisiensi serta efektivitas bank, karena menunjukkan kemampuan memperoleh laba dari hasil kegiatan operasionalnya. Laba bank salah satunya diperoleh dari hasil penanaman sejumlah dana pada Aktiva Produktif atau sering disebut dengan earning asset/aktiva yang menghasilkan. Penanaman sejumlah dana yang dilakukan oleh bank tentunya memiliki resiko salah satunya adalah resiko pembiayaan bermasalah atau yang diukur dengan menggunakan rasio NPF. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara Kualitas Aktiva Produktif (KAP) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Net Profit Margin (NPM) baik secara parsial maupun secara simultan dengan menggunakan beberapa teknik analisis. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif verifikatif. Data yang digunakan yaitu sekunder yaitu data yang tidak langsung diperoleh dari laporan keuangan publikasi yang diterbitkan oleh bank BRISyariah melalui web resminya di www.brisyariah.co.id. Data yang diteliti dari triwulan 1 tahun 2012 sampai triwulan IV tahun 2014. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi ganda, korelasi Pearson Product Moment (PPM), korelasi ganda, koefisien determinasi, dan hipotesis diuji menggunakan uji t untuk menguji keberartian koefisien regresi secara parsial serta uji F untuk mnguji keberartian koefisien regresi secara simultan pada level signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) KAP berpengaruh signifikan terhadap NPM. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa KAP berpengaruh positif sebesar 62% dan 38% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya; 2) Adapun secara parsial NPF juga berpengaruh signifikan terhadap NPM dan arahannya sesuai dengan teori yang negatif. Hasil analisis determinasi menunjukkan perubahan NPM oleh NPF sebesar 62,7% dan sisanya 37,3% dipengaruhi oleh variabel lain; dan 3) Sedangkan secara simultan KAP dan NPF berpengaruh terhadap NPM. Koefisien determinasi menunjukkan perubahan NPM oleh KAP dan NPF sebesar 64,72% dan sisanya 35,28% di pengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Aktiva Produktif (KAP); Non Performing Financing (NPF); Net Profit Margin (NPM);
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:19
Last Modified: 04 Feb 2020 07:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29257

Actions (login required)

View Item View Item