Pengaruh metode yadain terhadap daya ingat: Kuasi eksperimen hafalan Juz Amma pada siswa kelas 1 MI Darul Hufadz Cipacing Jatinangor Sumedang

Latifah, Aida (2016) Pengaruh metode yadain terhadap daya ingat: Kuasi eksperimen hafalan Juz Amma pada siswa kelas 1 MI Darul Hufadz Cipacing Jatinangor Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Prinsip menghafal Al-Quran sejak zaman dahulu hingga sekarang tidak ada perubahan, yaitu dengan membaca dan mengulang, dengan mendengar atau menulis. Namun metode atau cara mengajar di kelas, akan terus mengalami perkembangan. Metode yadain merupakan salah satu bagian dari pengembangan metode menghafal Al-Quran, yang diasumsikan efektif untuk menghafal Al-Qur‟an. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MI Darul Hufadz, Metode menghafal ini yang menjadikan siswa berbeda dalam menerima informasi dan proses menghafalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode yadain terhadap kemampuan menghafal. Pengertian metode yadain yakni metode yang digunakan dalam pembelajaran AlQur‟an. Dengan memvisualisaikan ekspresi gerakan tangan yang disesuaikan dengan kosa kata terjemah Al-Qur‟an. Dimana gerakan tangan tersebut memiliki makna khusus (Sulaeman, 2007).sedangkan pengertian daya ingat yakni kemampuan yang dimiliki dan juga kemampuan mengambil kembali suatu informasi (Wade & Tavris, 2007). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan design post test only nonequivalen. Subjek dalam penelitian siswa kelas satu MI Darul Hufazd, dengan Jumlah subjek penelitian ini adalah 54. Teknik pengambilan data penelitian ini dengan soal pilihan ganda sebagai alat tes berdasarkan aspek-aspek metode yadain. Yang berjumlah 30 item. Metode analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homgenitas. untuk menguji apakah ada pengaruh atau tidak metode yadain terhadap daya ingat. Hasil pengujian menunjukan data berdistibusi normal, homogen, maka digunakan uji t untuk mengetahui persamaan rata-rata dari kedua kelompok EG dan CG. Berdasarkan temuan hasil penelitian, Hal ini ditunjukan dengan hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji-t yang hasilnya 0,049<0,05 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Yadain; Daya Ingat;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:34
Last Modified: 05 Feb 2020 02:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29276

Actions (login required)

View Item View Item