Pengaruh implementasi kebijakan pembangunan Waduk Jatigede terhadap mata pencaharian masyarakat di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang

Abdulloh, Abdulloh (2017) Pengaruh implementasi kebijakan pembangunan Waduk Jatigede terhadap mata pencaharian masyarakat di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)

Abstract

Implementasi kebijakan merupakan salah satu perwujudan dari pelaksanaan program yang ditunjukan untuk mencapai tujuan dari kebijakan yang telah buat oleh pemerintah sebagai abdi masyarakat. Akan tetapi salah satu masalah yang sering timbul dalam kaitannya dengan implementasi kebijakan yaitu dimana kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dianggap merugikan masyarakat itu sendiri. Begitupun dalam implementasi kebijakan pembangunan waduk Jatigede yang menimbulkan permasalahan diantaranya yaitu membuat beberapa wilayah permukiman, perkebunan menjadi tergenang air terutama wilayah persawahan masyarakat sehingga menyebabkan hilangnya mata pencaharian serta adanya perubahan mata pencaharian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi dalam Implementasi Kebijakan yaitu isi kebijakan dan lingkungan kebijakan terhadap mata pencaharian masyarakat di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk variabel X menggunakan teori Merilee S. Grindle (1980) dalam AG.Subarsono 2011:93-94 yaitu isi kebijakan dan lingkungan kebijakan sedangkan variabel Y menggunakan teori Adon Nasrulloh Jamaludin (2015) yaitu sektor pertanian dan non pertanian. Metode yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosaitif, karena merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan maupun pengaruh antara dua variabel atau lebih. Teknik pegambilan data melalui studi kepustakaan, dan studi lapangan yang terdiri dari wawancara tidak terstruktur, observasi, dan kuesioner yang disebar kepada 100 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan, bahwa isi kebijakan berpengaruh terhadap mata pencaharian masyarakat sebesar 21,7% dan sisanya 78,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya, lingkungan kebijakan berpengaruh terhadap mata pencaharian masyarakat sebesar 41,7% dan sisanya 58,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Sedangkan untuk variabel implementasi kebijakan terdapat pengaruh yang signifikan sebesar Fhitung 14,590>2,703. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Impelemntasi Kebijakan pembangunan waduk Jatigede akan berpengaruh terhadap mata pencaharian masyarakat di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan; mata pencaharian;
Subjects: Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:19
Last Modified: 05 Feb 2020 04:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29285

Actions (login required)

View Item View Item