Produksi Program Acara Pada Televisi : Studi Deskriptif pada Program Acara Inspirasi Indonesia TVRI Jawa Barat Periode Tayang Januari-November 2019

Walazka, Hasna Sany (2019) Produksi Program Acara Pada Televisi : Studi Deskriptif pada Program Acara Inspirasi Indonesia TVRI Jawa Barat Periode Tayang Januari-November 2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini program acara televisi menyuguhkan sebuah acara yang mengedepankan unsur kemanusiaan (humanity) dan kisah inspiratif yang dekat dengan kehidupan kita. Tujuan acara televisi seperti ini adalah memberikan nilai moral dan pelajaran yang berharga bagi para penontonnya. Salah satu program acara dengan format dokumenter inspiratif adalah program acara Inspirasi Indonesia yang tayang di stasiun TVRI Jawa Barat. Tayangan yang telah disiarkan sejauh ini tentunya melalui proses produksi yang tidaklah singkat, tidak terkecuali program acara Inspirasi Indonesia, tidak banyak yang tahu bagaimana proses peliputan dari program Inspirasi Indonesia itu sendiri, entah waktu peliputan yang panjang sampai bagaimana sebuah kerjasama tim sangat diperlukan demi tercapainya sebuah tayangan yang layak disiarkan kepada khalayak luas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan-tahapan produksi televisi program Inspirasi Indonesia di TVRI Jawa Barat, dari mulai tahap pra-produksi, pelaksanaan produksi, dan pasca produksi sesuai dengan konsep produksi televisi dari Fred Wibowo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif studi deskriptif, dan menggunakan teori Hirarki Pengaruh dari Pamela J Shoemakrs. Subjek penelitian ini adalah produser, kamerawan dan editor program acara Inspirasi Indonesia. Data diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi, analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan suatu produksi acara di televisi, dimulai dari tahap pra-produksi, pelaksanaan produksi, dan pasca-produksi, sehingga menghasilkan program yang menarik dan informatif untuk masyarakat. Tahapan tahapan tersebut diantaranya, 1) pra-produksi tahapannya yaitu, menemukan ide atau gagasan tentang topik yang akan dijiadikan bahan liputan, penentuan tim liputan serta budgeting. 2) pelaksanaan produksi tahapannya adalah, melaksanakan liputan, seleksi materi hasil liputan, 3) pasca-produksi tahapannya adalah dan pembuatan naskah, convert editing, pengisian suara (dubbing), dan evaluasi acara. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa produksi Program Acara Inspirasi Indonesia sudah sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP), mulai dari tahap pra-produksi, pelaksanaan produksi hingga pasca-produksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: jurnalistik; televisi; produksi program acara televisi; TVRI Jawa Barat;
Subjects: Communications Telemunications > Television Broadcasting
Applied Physics > Television Engineering
Specific Fields of Photography > Video Production, Television Photography
Public Performances > Television Show
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: hasna sany walazka
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:45
Last Modified: 06 Feb 2020 03:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29288

Actions (login required)

View Item View Item