Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik (SIMAK) bagi mahasiswa sosiologi 2018 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Gantini, Gina Sri (2019) Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik (SIMAK) bagi mahasiswa sosiologi 2018 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ ABSTRAK.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (BAB III)
6_ Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB IV)
7_ Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB V)
8_ Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Sistem Informasi Akademik (SIMAK) adalah sistem untuk melakukan pengolahan data dan proses kegiatan akademik yang melibatkan seluruh lingkup universitas yaitu mahasiswa, dosen, bagian adminitrasi, bagian keuangan dan data lainnya. Kegiatan yang lakukan seperti melakukan suatu sistem yang rancang untuk keperluan pengelolaan data-data akademik dengan penerapan teknologi komputer. Seluruh proses kegiatan akademik dapat dikelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaannya suatu perguruan tinggi dan pengambilan keputusan-keputusan yang ada di lingkungan perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini sebagai syarat ujian sidang strata satu (S1) Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, dan tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui manfaat sistem informasi akademik bagi mahasiswa, untuk mengetahui fungsi dan manfaat dari sistem informasi akademik bagi mahasiswa sosiologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan informan yang ada pada anggota Sosiologi di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung,, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Lokasi penelitian ini di Jurusan Sosiologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Media Online yang merupakan Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian dengan kegiatan strategi dari organisasi tersebut dan menyediakan laporan kepada pihak tertentu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi akademik bagi mahasiswa sosiologi berdampak positif. Dampak positif dengan adanya sistem informasi akademik yaitu sebagai sarana informasi, sebagai sarana pendidikan, sebagai sarana media komunikasi. Namun dari sarana informasi tersebut tidak menyediakan layanan pada mestinya, suatu program itu tidak berjalan dengan benar, maka tidak akan ada keuntungan bagi semua pihak. Baik pihak mahasiswa ataupun jurusan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akademik; mahasiswa sosiologi;
Subjects: Social Process
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Other Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: gina sri gantini
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:04
Last Modified: 06 Feb 2020 02:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29293

Actions (login required)

View Item View Item