Pendidikan akhlak di Madrasah Far'ul Saulati Al-alawi Patani:Penelitian di Madrasah Far'ul Saulati Al-alawi provensi Patani Thailand Selatan

Makea, Miss Baseeroh (2019) Pendidikan akhlak di Madrasah Far'ul Saulati Al-alawi Patani:Penelitian di Madrasah Far'ul Saulati Al-alawi provensi Patani Thailand Selatan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover-1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR-ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_ babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_pustakaan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Dengan kondisi pendidikan di Thailand saat ini, realitasnya berada pada era globolisasi yang meningkat kemajuan ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi. Semakin meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin menurunkan nilai-nilai akhlak dan tidak ramah terhadap lingkungan sehingga mengakibatakan kerugian, hal tersebut menjadi menurun kualitas moral pada bangsa. Pendidikan akhlak berusaha menciptakan situasi dan kondisi, sehingga siswa terdorong dan tergerak jiwa dan hatinya untuk berprilaku dan beradab, atau sopan santun yang baik sesuai dengan harapan lembaga pendidikan dan negara. Pendidikan akhlak sebagai suatu usaha yang dilakukan oleh lembaga dalam rangka untuk membentuk dan membina tabi’at, budi pekerti yang baik mulia, dan terpuji. Pendidikan akhlak di Madrasah ini bertujuan untuk membina akhlak mulia agar siswa menyadari dan tanggung jawabnya sebagai hamba yang wajib mengabdi kepada Allah dengan melakukan segala printah dan menjauhi larangan-Nya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Pendidikan akhlak di Madrasah far’ul Saulati Ala-alawi (2)Faktor penunjang dan penghambat dalam Pendidikan Ahlak di Madrasah Far’ul Saulati Al-alawi (3)Hasil yang dicapai dalam Pendidikan akhlak di Madrasah Far’ul Saulati Al-alawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian adalah Kepala Madrasah,Wakil Kepala Madrasah, para ustaz dan ustazah dan siswa. Hasil penelitian ini adalah (1)Pendidikan akhlak di Madrasah ini menggunakan beberapa metode untuk membinakan akhlak siswa yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode cerita dan metode Targhib dan Tarhib. (2) faktor penunjang adalah para guru yang memiliki prilaku baik dan sungguh-sungguh untuk mendidik siswa agar siswa dapat ilmu pengetahuan dan memiliki akhlak baik, dan faktor penghambatan adalah peserta didik yang memiliki latar belakang yang berbeda dan lingkungan yang membuat peserta didik akan cenderung mimiliki akhlak tercela. (3)Dengan proses pendidikannya membukti bahwa madrasah ini sudah cukup berhasil dalam pendidikan akhlak siswa yang bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan; akhlak;madrasah; thailand
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Baseeroh Makea
Date Deposited: 06 Feb 2020 04:23
Last Modified: 06 Feb 2020 04:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29306

Actions (login required)

View Item View Item