Penafsiran M. Ali al-Shabuni didalam kitab Tafsirnya Shafwat al-Tafaasir tentang Ayat-ayat yang mengisyaratkan Toleransi

Fahrezi, M. Adnan (2019) Penafsiran M. Ali al-Shabuni didalam kitab Tafsirnya Shafwat al-Tafaasir tentang Ayat-ayat yang mengisyaratkan Toleransi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia, negeri yang memiliki beraneka ragam suku, bangsa, budaya, dan bahkan agama, seyogianya warga negara Indonesia memiliki sikap toleransi yang sangat tinggi. Namun realita yang terjadi ditanah Indonesia ini, sangat bertolak belakang dengan semua ajaran didalam Alquran (islam) atau dari luar agama selain Islam. Memang sangat disayangkan negeri yang penuh dengan keanekaragaman ini bisa dikatakan sering terjadi konflik yang disebabkan oleh sikap intoleran dari oknum tertentu. Dan bahkan pada saat ini pun masih terdapat kasus-kasus yang berawal dari kurangnya sikap toleransi antar umat manusia beragama, khususnya di Indonesia ini. Penelitian ini memiliki rumusan masalah, diantaranya: (1) Apa pengertian Toleransi (tasamuh). (2) Bagaimana penafsrian toleransi menurut M. Ali al-Shabuni didalam tafsir Shafwat al-tafaasir. (3) Bagaimana cara mengimplementasikan sikap toleransi menurut al-Shabuni. Toleransi adalah sikap membiarkan, murah hati dan lapang dada. Toleransi berarti menghormati dan menghargai keyakinan, kepercayaan, budaya, etnik seseorang maupun kelompok lain dengan sabar, sadar dan ikhlas. Toleransi tidak berarti turut membenarkan kepercayaan atau keyakinan orang lain, tetapi menghormati dan menghargai hak asasi orang lain, sekalipun hal tersebut berbeda dengan keyakinan kita. Peneilitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Library Reseach (studi pustaka). Adapun mengenai penelitian kepustakaan, penulis mengambil dua sumber data yaitu sumber data primer berupa kitab tafsir Shafwat al-Tafaasir karya M. Ali al-Shabuni, dan sumber sekundernya berupa buku-buku dan literatur lainnya yang menunjang pembahasan tentang toleransi. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa, Toleransi diartikan sebagai pemberi kebebasan kepada sesama manusia atau kepada sesama warga masyarakat untuk menjalankan keyakinannya, atau mengatur hidupnya dan menentukan hidupnya masing-masing. Dan penafsiran al-Shabuni mengenai ayat-ayat yang berkaitan dengan toleransi, tidak bertentangan dengan apa yang telah diajarkan oleh Rasullah saw., dan juga para ‘Ulama terdahulu. Dan adapun cara untuk mengimplementasikan sikap toleransi menurut Islam terdapat tiga unsur yang mencakup keseluruhan nila-nilai sosial-kemasyarakatan, yaitu (1) Menghormati Keyakinan Orang lain, (2) Open Minded (memiliki pemikiran yang terbuka), (3) Saling Mengerti satu sama lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Toleransi; Open Minded; Shafwat al-Tafaasir;
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: M. adnan fahrezi
Date Deposited: 06 Feb 2020 06:13
Last Modified: 06 Feb 2020 06:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29307

Actions (login required)

View Item View Item