Shalat dan ketenangan jiwa: Penelitian tentang pengaruh shalat terhadap ketenangan jiwa siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Cicalengka Kabupaten Bandung

Rohman, Irwan Saepul (2019) Shalat dan ketenangan jiwa: Penelitian tentang pengaruh shalat terhadap ketenangan jiwa siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy

Abstract

Islam diyakini oleh penganutnya sebagai agama samawi terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT., melalui Rasul-Nya Nabi Muhammad Saw., sebagai suatu syariat yang digunakan diyakini kebenarannya. Salah satu bentuk ibadah dalam Islam yang amat simbolik untuk kesadaran akan kehadiran Tuhan dalam hidup manusia adalah shalat. Dalam ibadah sholat terdapat suatu manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan, dari segi fisik sudah jelas bahwa shalat memberikan manfaat bagi kebugaran tubuh, kemudian dari segi pikiran, shalat memberikan pengaruh yang tak kalah bermanfaat yaitu bisa memberikan ketenangan dan melatih seseorang untuk berkonsentrasi, sementara manfaat shalat yang berguna untuk hati itu lebih banyak manfaatnya karena shalat dapat melatih seseorang untuk bersikap ikhlas, khusyu, dan dapat memberikan pelajaran mengenai ketenangan yang sejati. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran shalat siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Cicalegka, mengetahui gambaran ketenangan jiwa siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Cicalengka, mengetahui pengaruh shalat terhadap ketenangan jiwa siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Cicalengka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Field research adalah penelitian dilakukan dengan cara mencari data langsung di lapangan mengenai Pengaruh shalat terhadap ketenangan jiwa siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Cicalengka Kabupaten Bandung. Hasil penelitian lapangan yang didapat yaitu gambaran shalat yang didapat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Cicalengka berada dalam klasifikasi tinggi yaitu sebanyak 64,3%. Sementara gambara ketenangan jiwa yang didapat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Cicalengka berada dalam klasifikasi tingkat ketenangan jiwa yang tinggi yaitu sebesar 59,5%. Hasil uji hipotesis didapat nilai R2 = 0,449 dan sig. = 0,000 (sig. < 0,05) yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh sebanyak 44,9% antara shalat dengan ketenangan jiwa pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Cicalengka Kabupaten Bandung. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, didapat hasil bahwa terdapat 44,9% pengaruh signifikan antara shalat dan ketenangan jiwa siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Cicalengka Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Shalat; Ketenangan Jiwa;
Subjects: Psychology
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: irwan saepul rohman
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:29
Last Modified: 10 Feb 2020 07:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29323

Actions (login required)

View Item View Item