Pemikiran roehana koeddoes dalam bidang pendidikan dan jurnalistik pada era kebangkitan nasional 1908 sampai era sumpah pemuda 1928

Wibawanti, Oriza (2017) Pemikiran roehana koeddoes dalam bidang pendidikan dan jurnalistik pada era kebangkitan nasional 1908 sampai era sumpah pemuda 1928. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)

Abstract

Rohana Kudus lahir di Kota Gadang Bukit Tinggi, kabupaten Agam, Sumatera Barat pada tanggal 20 Desember 1884, beliau adalah seorang guru dan pendiri sekolah formal yaitu Amai Setia, Sekolah (KAS) Keradjinan Amai Setia dikampung di Koto Gadang Sumatera Barat dan Roehana School di Bukit Tinggi Sumatera Barat, beliau juga merupakan salah seorang Wartawati yang mendirikan Surat Kabar perempuan pertama bernama Soenting Melajoe di Sumatera Barat. Berdasarkan uraian diatas, terdapat beberapa rumusan masalah sebagai berikut: Pertama Bagaimana Pemikiran Roehana Koedoes dalam bidang Pendidikan pada era Kebangkitan Nasional 1908 sampai era Sumpah Pemuda 1928? Kedua, Bagaimana Pemikiran Roehana Koedoes dalam bidang Jurnalistik pada era Kebangkitan Nasional 1908 sampai era Sumpah Pemuda 1928? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran Roehana Koeddoes dalam bidang Pendidikan baik non-formal maupun Formal, dan bagaimana pemikiran Roehana Koeddoes dalam bidang Jurnalistik pada era Kebangkitan Nasional 1908 sampai era sumpah pemuda 1928. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah, yaitu model penelitian yang mempelajari peristiwa atau kejadian di masa lampau berdasarkan jejak-jejak yang ditinggalkan. Metode penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu Heuristik, kritik, interpretasi, dan Historiografi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa: Pertama, pemikiran Roehana Koeddoes dalam bidang Pendidikan, “Al-Qalam” yang berarti “Tulis”. Tulis baca menjadi kewajiban bagi kehidupan umat Islam. Hidup ini tidak ada artinya bagi umat Islam apabila tidak bisa baca tulis, yang berarti tidak banyak mempunyai Ilmu Pengetahuan. Sebaliknya, Ilmu Pengetahuan hanya bisa diperoleh dengan banyak membaca buku, Umat Islam tidak dibiarkan bodoh dan dungu, akibatnya tidak mengerti apa-apa. Hidup ini harus dimengerti dengan ilmu pengetahuan dan pengetahuan itu berpangkal pada dasarnya, yakni “Tulis Baca”. Memang hidup tak kan ada artinya kalau tidak pandai tulis baca yang berarti tidak berilmu, Kedua, Menulis ... ya ... menulis dengan menulis surat kabar dia bisa berbuat banyak. Bisa mengamalkan ilmunya dan mengabarkan bahwa perempuan juga bisa berbuat sesuatu untuk membela nasibnya agar lebih baik lagi, bangkit dari keterpurukan yang menyedihkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: roehana koeddoes; pendidikan dan jurnalistik; kebangkitan nasional; sumpah pemuda
Subjects: Islam > Muslims Persons, Imams
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
History of Southeast Asia > History of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:03
Last Modified: 12 Feb 2020 03:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29447

Actions (login required)

View Item View Item