Retorika dakwah KH. Aang Abdullah Zein: Studi deskriptif terhadap retorika dalam ceramah manaqib KH. Aang Abdullah Zein di Pondok Pesantren Azzainiyyah Sukabumi

Agustian, Rani (2017) Retorika dakwah KH. Aang Abdullah Zein: Studi deskriptif terhadap retorika dalam ceramah manaqib KH. Aang Abdullah Zein di Pondok Pesantren Azzainiyyah Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)

Abstract

Retorika merupakan seni berpidato dan berargumentasi menggunakan tata bahasa yang baik, lancar, dan benar untuk mempengaruhi pendengar, juga mengajak seseorang yang bersifat menggugah. Retorika bertujuan menerangkan kaidah-kaidah yang menjadi landasan dari tulisan yang bersifat prosa atau wacana lisan yang membentuk pidato, orasi, ataupun ceramah untuk mempengaruhi sikap dan perasaan orang. Ketika berbicara di depan umum, seseorang membutuhkan ilmu retorika untuk menunjang kualitas pembicaraannya. Selain itu, retorika digunakan untuk meyakinkan pendengar akan kebenaran gagasan/topik yang dibicarakan. Oleh karena itu, diperlukan rekonstruksi bahasa dan retorika dalam berkomunikasi atau berbicara di depan umum. Rekonstruksi dapat dimulai dari segi penggunaan bahasa yang digunakan dalam berbicara. Kemudian, pada ilmu retorika yang harus digunakan, yaitu metode dan etika retorika. Dengan merekonstruksi bahasa dan retorika, kemampuan berbicara semakin mudah dimengerti, indah dan sistematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyampaian gagasan retorika yang dilakukan oleh KH. Aang Abdullah Zein, dan untuk mengetahui kategorisasi pesan dakwah yang dilakukan oleh KH. Aang Abdullah Zein. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah memaparkan situasi dan peristiwa (Jalaludin Rakhmat, 2012: 24), melakukan explorasi dengan mengambil kesimpulan dari pengumpulan data melalui studi dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penyampaian gagasan retorika KH. Aang Abdullah Zein yaitu beliau selalu semangat, tegas, dan energik. Ketika berceramah beliau tidak hanya satu intonasi, tetapi dengan beberapa intonasi sehingga ada tekanan-tekanan suara untuk membantu memahamkan jama’ah. Serta ekspresi yang dikeluarkan dengan menggerakan tubuh dan tangannya yang selalu aktif. Dan kategorisasi pesan dakwah KH. Aang Abdullah Zein yaitu lebih menyampaikan tentang kema’rifatan (kedekatan) kepada Allah dengan “Tasawuf”, beliau juga mempunyai basic ilmu dari kesalafiahan seperti ilmu alat, tauhid, fiqh, tasawuf, mani’, bayan, dan mantiq dengan terbiasa menafsirkan materi dakwah kedalam realita kehidupan manusia yang dikemas dengan bahasa yang sederhana namun menarik dan mudah dipahami diberbagai kalangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika; ceramah; manaqib;
Subjects: Islam > Sermons and Preaching
Rhetoricand Collections of Literary > Rhetoric of Speech
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Syifa Fauziah
Date Deposited: 12 Feb 2020 02:52
Last Modified: 12 Feb 2020 02:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29448

Actions (login required)

View Item View Item