Fenomenologi wartawan mengenai bahasa jurnalistik di media online: Studi pada wartawan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung

Maulud, Ridha Achmad (2019) Fenomenologi wartawan mengenai bahasa jurnalistik di media online: Studi pada wartawan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Daya tarik sebuah berita bukan hanya dilihat dari sisi isu, angle, dan topik. Akan tetapi, dipengaruhi juga oleh kemampuan menyajikan berita. Salah satu penyajian berita dipengaruhi oleh penggunaan bahasa jurnalistik yang baik dan benar. Namun dalam praktiknya masih banyak ditemui berita yang belum sesuai dengan kaidah bahasa jurnalistik, terutama pada media online. Selain itu, buku-buku atau pun literature yang membahas bahasa jurnalistik media online, saat ini masih jarang ditemui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan wartawan Kota Bandung yang tergabung ke dalam AJI Bandung mengenai bahasa jurnalistik di media online. Terutama terkait dengan pemahaman, pemaknaan, dan pengalaman wartawan AJI Bandung mengenai bahasa jurnalistik di media online. AJI Bandung dipilih sebagai objek penelitian dikarenakan banyaknya wartawan online dari berbagai media yang ada disana, sehingga dapat memunculkan pandangan yang cukup beragam. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz. Pertimbangannya adalah sesuai dengan pemikiran Alfred Schutz bahwa setiap individu memiliki dunia intersubjektif yang maknanya beragam, artinya setiap individu dapat memaknai setiap fenomena yang ada. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah studi fenomenologi. Tujuan dari penggunaan metode tersebut adalah untuk menganalisis prilaku yang tampak pada informan yang pernah atau mengalami fenomena yang menjadi topik penelitian. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam dengan pertanyaan secara terstruktur maupun pertanyaan terbuka dan juga melalui observasi. Selanjutnya dilakukan analisis dokumen dari berbagai sumber buku, dan jurnal untuk memperkuat atau menunjang informasi-informasi yang didapat dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar informan memahami bahasa jurnalistik adalah sebagai bahasa yang digunakan oleh wartawan dalam mebuat berita agar informasi yang disampaikan mudah dimengerti oleh pembaca. Adapun bahasa jurnalistik di media online tidak berbeda dengan bahasa jurnalistik di media lainnya yang singkat, padat, jelas, lugas, sederhana, dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jurnalistik; Fenomenologi; Media Online;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: ridha achmad maulud
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:04
Last Modified: 13 Feb 2020 03:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29466

Actions (login required)

View Item View Item