Aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) hubungannya dengan motivasi mereka dalam berbusana muslim: Penelitian terhadap Siswa SMA Negeri 1 Cibarusah

Rofiudin, Rofiudin (2019) Aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) hubungannya dengan motivasi mereka dalam berbusana muslim: Penelitian terhadap Siswa SMA Negeri 1 Cibarusah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan terhadap siswa di SMA Negeri 1 Cibarusah, bahwa kegiatan IRMA ini cukup memberikan rangsangan positif terhadap siswa, sehingga memotivasi dan pembelajaran siswa yang di harapkan. Dengan berkembangnya zaman pembelajaran tidak hanya di dalam kelas untuk memotivasi siswa dalam memakai busana muslim tetapi ada juga diluar jam pelajaran yaitu aktivitas IRMA. Hal ini menunjukan bahwa ada keterkaitan antara aktivitas siswa dalam mengikuti ikatan remaja masjid (IRMA) hubungannya dengan motivasi mereka dalam berbusana muslim, kondisi demikian sungguh merupakan fenomena yang menimbulkan tanda tanya besar yang memerlukan penelitian lebih lanjut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui mktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) di SMA Negeri 1 Cibarusah. 2) Untuk mengetahui motivasi Siswa dalam memakai busana muslim di SMA Negeri 1 Cibarusah, 3) Untuk mengetahui hubungan aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) dengan motivasi mereka dalam berbusana muslim di SMA Negeri 1 Cibarusah. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran bahwa motivasi siswa dalam berbusana muslim dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA). Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas siswa dalam mengikuti ikatan remaja masjid, maka akan semakin tinggi pula motivasi mereka dalam berbusana muslim. Begitu pun sebaliknya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Alat pengumpul data yang digunakan melalui observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh melalui analisis kuantitatif yang menggunakan pendekatan statistik, t hitung dan t tabel. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) termasuk pada interpretasi tinggi. Berdasarkan skor perhitungan angket rata-rata 3,8 yang berada pada skala 3,4 – 4,5. Berkategorikan baik. 2) Motivasi siswa dalam berbusana muslim termasuk pada interpretasi tinggi. Berdasarkan skor perhitungan 4,2 yang berada pada skala 3,4 – 4,5. Berkategorikan baik. 3) Hubungan antara aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) dengan motivasi mereka berbusana muslim termasuk interpretasi tinggi. Berdasarkan pada koefisien korelasi 0,37 angka tersebut di interpretasikan Tinggi karena berada pada skala 0,37 rxy≤1,00. Adapun besarnya hubungan aktivitas siswa dalam mengikuti Ikatan Remaja Masjid (IRMA) hubungannya dengan motivasi mereka dalam berbusana muslim adalah 8% dan 92% faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; IRMA; Motivasi; Busana Muslim;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rofiudin Rofiudin
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:55
Last Modified: 14 Feb 2020 02:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29496

Actions (login required)

View Item View Item