Peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan melalui permainan memancing huruf pada anak usia dini: Penelitian tindakan kelas pada kelompok B RA Insan Kamil Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang

Aulia, Dinni Kholida (2019) Peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan melalui permainan memancing huruf pada anak usia dini: Penelitian tindakan kelas pada kelompok B RA Insan Kamil Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, terdapat beberapa masalah terkait dengan kurangnya kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan anak usia dini yang disebabkan oleh keterbatasan alat peraga edukasi seperti permainan yang diberikan kepada anak dalam mengenalkan huruf vokal dan huruf konsonan, kegiatan yang diberikan hanya berfokus pada langkah-langkah pengerjaan lembar kerja anak dan media papan tulis. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan melalui permainan memancing huruf. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan sebelum diterapkan permainan memancing huruf; 2) Proses penerapan permainan memancing huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan pada setiap siklus; 3) Kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan pada kelompok B RA Insan Kamil setelah diterapkan permainan memancing huruf pada setiap siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa permainan memancing huruf dapat digunakan sebagai alat peraga edukasi yang mana permainan ini merupakan cara tepat untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini terutama dalam pengenalan huruf vokal dan konsonan. Dari asumsi tersebut maka diajukan hipotesis, kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan anak diduga dapat meningkat apabila menggunakan permainan memancing huruf di kelompok B RA Insan Kamil Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan datanya yaitu berupa unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Subjek atau responden dalam penelitian ini adalah 8 orang anak kelompok B RA Insan Kamil Desa Sindangsari kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan anak sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 51 dengan kategori kurang. Proses penerapan permainan memancing huruf dapat dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I aktivitas guru mencapai 55% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula pada aktivitas anak siklus I mencapai 58% dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan kriteria sangat baik. Kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan anak setelah diterapkan permainan memancing huruf juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus I memperoleh nilai rata-rata 67 dengan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi 99 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini;mengenal huruf;permainan
Subjects: Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dinni Kholida Aulia
Date Deposited: 14 Feb 2020 06:24
Last Modified: 14 Feb 2020 06:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29521

Actions (login required)

View Item View Item