Dinamika Salafisme di Indonesia: Studi terhadap akar intelektual dan orientasi salafisme organisasi Islam di Indonesia

Qodim, Husnul (2014) Dinamika Salafisme di Indonesia: Studi terhadap akar intelektual dan orientasi salafisme organisasi Islam di Indonesia. [Experiment] (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Fulltext)
Laporan Lemlit_Dinamika Salafisme.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika salafisme di Indonesia: bagaimana akar Intelektualitas dan orientasi ideologis salafisme yang beragam dari awal sampai masa kini. Hipotesis yang diajukan adalah: 1) ada kesinambungan pengetahuan salafisme di Indonesia yang dipengaruhi paham salafisme di awal sejarah Islam, dari hampir semua organisasi islam di Indonesia. 2) dinamika salafisme di Indonesia tidak tunggal dan monolitik, paham mengenai salafisme dapat mengalami perubahan terkait dengan realitas sosio-historis di tingkat organisasi masing-masing. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dalam pendekatan historis-sosiologis merujuk teori kesinambungan dan perubahan yang dikemukakan oleh John O.Voll. Hasil dari penelitian ini membuktikan adanya kesinambungan pengetahuan salafisme di Indonesia yang dipengaruhi oleh perdebatan paham Salafisme abad XVIII. Di Indonesia, penyebaran paham ini diawali oleh gerakan pemurnian Paderi dan Sumatera Thawalib di Sumatera Barat. Namun ditemukan adanya perkembangan baru pengetahuan salafisme di Indonesia yang perkembangannya mulai massif sekitar tahun 1980-an. Dan memiliki jaringan dan transmisi intelektual langsung dari Saudi Arabia. Kemudian, dibuktikan juga bahwa dinamika internal dan eksternal dari gerakan salafisme di Indonesia dapat mempengaruhi pandangan dan praktek salafisme yang beragam di tingkat kelompok-kelompok salafi tersebut. Salafisme tidak tunggal dan monolitik, salafisme tidak bisa diidentifikasi ke dalam satu organisasi yang memayungi, namun lebih merupakan orientasi-orientasi ideologis yang beragam dan berbeda satu sama lain.

Item Type: Experiment
Uncontrolled Keywords: Dinamika Salafisme; Transmisi Pengetahuan; Manhaj As-Salaf ash-Shalih; Gerakan Salafi; Transformasi Sosial
Subjects: Religious Experiences
Religious Ethics
Social Groups > Religious Groups
Culture and Institutions
Culture and Institutions > Religious Institution
Divisions: Fakultas Ushuluddin
Fakultas Ushuluddin > Program Studi Perbandingan Agama
Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Pascasarjana Program Magister > Program Studi Religious Studies
Depositing User: Fakultas Ushuluddin
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:27
Last Modified: 19 Feb 2020 04:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29558

Actions (login required)

View Item View Item