Politik Identitas Sunda: Pergulatan ideologi kebudayaan dan politik kekuasaan studi terhadap dua organisasi sosial kesundaan di Jawa Barat

Qodim, Husnul (2013) Politik Identitas Sunda: Pergulatan ideologi kebudayaan dan politik kekuasaan studi terhadap dua organisasi sosial kesundaan di Jawa Barat. [Experiment] (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Fulltext)
Laporan Lemlit_Politik Identitas Sunda.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami politik identitas sunda dan bagaimana mereka mengekspresikan identitasnya dalam pergulatan kebudayaan dan politik kekuasaan di era pasca reformasi. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan sebagai subjek penelitian adalah dokumen-dokumen, buku-buku, majalah dan kliping koran terkait dua organisasi social kesundaan, yaitu Paguyuban Pasundan dan Duta Sawala Barisan Olot Tatar-Sunda (BOTS). Penelitian ini berusaha untuk memahami fenomena sosial dan budaya, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini lebih difokuskan pada ekspresi pergulatan kebudayaan dan politik dari kedua organisasi tersebut yang berusaha merepresentasikan diri sebagai perwakilan masyarakat Sunda. Hasil dari penelitian ini menemukan adanya beberapa fakta. Meskipun, sama-sama memiliki tujuan untuk memajukan masyarakat Sunda di Jawa Barat agar mencapai kesejahteraan, namun keduanya memiliki strategi dan langkah yang berbeda dalam upaya politik identitas Kesundaan. Paguyuban Pasundan merupakan organisasi yang berkonsentrasi pada aspek pendidikan, dan pernah mengalami kegagalan ketika terlibat langsung dalam politik praktis (menjadi Partai ). Sedangkan Duta Sawala Barisan Olot Tatar Sunda, memilih untuk memperjuangkan hak-hak kultural masyarakat Sunda melalui keterlibatannya dalam politik praktis, dengan memposisikan anggotanya menjadi anggota legislative di DPR RI melalui Partai Nasional Demokrat sebagai pilihan politiknya. Kata-kata Kunci: Politik Identitas, Ideologi, Politik, Kebudayaan, Kesundaan, Masyarakat Sunda.

Item Type: Experiment
Uncontrolled Keywords: Sunda;
Subjects: Religious Experiences
Religious Ethics
Social Groups > Religious Groups
Culture and Institutions > Religious Institution
Divisions: Fakultas Ushuluddin
Fakultas Ushuluddin > Program Studi Perbandingan Agama
Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Perbandingan Agama
Depositing User: Fakultas Ushuluddin
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:24
Last Modified: 19 Feb 2020 04:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29560

Actions (login required)

View Item View Item