Manajemen ekstrakurikuler dalam mengembangkan minat dan bakat siswa: Penelitian di MTs Plus Al-Mumtaz Tanjungsiang Subang

Fauziah, Shopi (2019) Manajemen ekstrakurikuler dalam mengembangkan minat dan bakat siswa: Penelitian di MTs Plus Al-Mumtaz Tanjungsiang Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

MTs Plus Al-Mumtaz Tanjungsiang Kabupaten Subang merupakan Madrasah Tsanawiyah yang sedang berkembang dan keinginan kepala madrasah yang ingin memfasilitasi minat dan bakat yang dimiliki siswa, dukungan dari pihak internal madrasah, di mana kepala madrasah sangat berperan aktif dalam membantu melaksanakan program kegiatan ekstrakurikuler yang ada dengan memberi masukan dan inovasi-inovasi yang bagus. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar alamiah, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen ekstrakurikuler dalam mengembangkan minat dan bakat siswa. Disamping itu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat, serta hasil yang dicapai dari manajemen ekstrakurikuler dalam meningkatkan minat dan bakat siswa di MTs Plus Al-Mumtaz Tanjungsiang Kabupaten Subang. Penelitian ini berdasarkan pada teori manajemen pada umumnya yang meliputi tiga hal yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Terkait dengan manajemen ekstrakurikuler yang dilakukan yaitu melalui kebijakan mengenai program ekstrakurikuler, tujuan kegiatan ekstrakurikuler, deskripsi kegiatan ekstrakurikuler, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, dan evaluasi kegiatan esktrakurikuler. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi atau menyalin. Selain itu digunakan teknik analisis data penelitian, dan teknik uji keabsahan data penelitian, kemudian data tersebut disepakati oleh lembaga tempat penulis melakukan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) latar alamiah MTs Plus Al-Mumtaz Tanjungsiang Kabupaten Subang memiliki letak geografis yang strategis dan mempunyai pendidik dan kependidikan yang kompeten, 2) perencanaan dilakukan dengan cara mengenalkan dan mempertunjukkan ekstrakurikuler, mewadahi minat dan bakat yang dimiliki, mengikuti latihan rutin, dan melaksanakan agenda uji tanding, 3) pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler dengan adanya struktur organisasi yang sudah berjalan sesuai tugas dan wewenangnya, pelatih sesuai bidang kepelatihannya dan membuat program latihan yang sesuai, memiliki sarana dan prasarana yang cukup, dan pendanaan yang telah berjalan, 4) evaluasi terdapat di semua kegiatan ekstrakurikuler dengan cara pembina merekap data kehadiran siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler, koordinator ekstrakurikuler, bagian kesiswaan, bagian kurikulum, dan kepala madrasah melakukan koordinasi lagi untuk mengevaluasi program ekstra selama setahun, 5) faktor pendukung dalam manajemen ekstrakurikler ini adalah adanya dukungan penuh dari pihak madrasah dan yang menjadi faktor penghambat yaitu kurang memadainya saran dan prasarana yang dimiliki pihak madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Ekstrakurikuler; Minat; Bakat
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shopi Fauziah
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:08
Last Modified: 06 Mar 2020 02:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29606

Actions (login required)

View Item View Item