Hubungan pola asuh orang tua dengan minat baca siswa: Penelitian kuantitatif di kelas IV MI Cahaya Kota Cimahi

Hodijah, Siti (2019) Hubungan pola asuh orang tua dengan minat baca siswa: Penelitian kuantitatif di kelas IV MI Cahaya Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Cahaya Kota Cimahi diperoleh informasi bahwa kebanyakan siswa akan giat membaca buku ketika akan menghadapi ujian saja. Kurangnya minat baca siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya faktor pola asuh orang tua. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian mengenai hubungan pola asuh orang tua dengan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas pola asuh orang tua siswa MI Cahaya, realitas minat baca siswa MI Cahaya, serta hubungan pola asuh orang tua dengan minat baca siswa MI Cahaya Kota Cimahi. Minat akan tumbuh seiring berjalannya suatu kebiasaan, di mana kebiasaan tersebut sebagian besar dilakukan dalam lingkungan keluarga yang diberikan oleh orang tua kepada anak- anaknya melalui pola asuh orang tua. Hal tersebut dapat berlaku juga pada hal minat baca. Minat baca merupakan keiginan kuat dari dalam diri seseorang untuk membaca, memahami kata demi kata dan isi yang terkandung dalam teks bacaan tersebut. Suatu kebiasaan sebagian besar dilakukan di lingkungan keluarga dengan kata lain kebiasaan yang timbul karena dorongan orang tua melalui pola asuh orang tua, sehingga hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: semakin tinggi pola asuh orang tua maka akan semakin tinggi minat baca siswa. Sebaliknya, semakin rendah pola asuh orang tua maka akan semakin rendah pula minat baca siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Metode korelasi ini digunakan untuk mengetahui keterhubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan korelasi rank spearman karena salah satu variabel berdistribusi tidak normal. Penyebaran angket ditujukan kepada 30 responden selaku siswa dari kelas IV MI Cahaya Kota Cimahi. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan bahwa untuk variabel X yakni pola asuh orang tua mendapatkan rata- rata sebesar 3,14. Nilai tersebut berada pada kategori sedang karena berada pada interval 2,60 – 3,31. Hasil dari variabel Y yakni minat baca siswa memperoleh rata-rata sebesar 2,50. Nilai tersebut berada pada kategori rendah karena berada pada interfal 1,80 – 2,59. Korelasi yang didapatkan antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 0,589 angka tersebut termasuk kategori sedang karena berada pada interval 0,41-0,70. Berdasarkan hasil korelasi tersebut terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan minat baca siswa walaupun tidak berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh; minat baca siswa;
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: siti hodijah
Date Deposited: 21 Feb 2020 07:03
Last Modified: 21 Feb 2020 07:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29626

Actions (login required)

View Item View Item