Pesan-pesan dakwah dalam akun instagram: Analisis isi terhadap pesan dakwah pada akun instagram @kakries komunitas error instagram

Fitri, Resa Nur (2017) Pesan-pesan dakwah dalam akun instagram: Analisis isi terhadap pesan dakwah pada akun instagram @kakries komunitas error instagram. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

Media Sosial Instagram merupakan suatu media yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan pengguna lainnya. Media sosial ini memiliki kemampuan dalam menyampaikan pesan secara visual. Di era modern ini, Media Sosial Instagram sangat tepat digunakan sebagai media dakwah karena media ini memiliki banyak fitur menarik yang dapat menarik para penggunanya. Media Sosial Instagram digunakan sebagai media dakwah untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah salah satunya seperti pada akun Instagram @kakries Komunitas Error Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis deskripsi pesan dakwah, lalu menganalisis pesan dakwah yang terdapat pada 20 konten dalam akun Instagram @kakries edisi Agustus 2016-Februari 2017 yang kemudian mengklasifikannya ke dalam beberapa kategori. Setelah itu penelitian ditujukan pada penentuan frekuensi pesan dakwah dan kecenderungan pesan dakwah yang ada pada akun Instagram @kakries Komunitas Error Instagram edisi Agustus 2016-Februari 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Analisis Isi. Analisis Isi dilakukan terhadap teks dari 20 konten akun Instagram @kakries edisi Agustus 2016-Februari 2017 yang secara operasional dengan melakukan studi dokumentasi guna mendapatkan data-data yang kemudian akan diklasifikasikan. Dari data yang telah diperoleh, penelitian dilanjutkan dengan mendeskripsikan satu-persatu konten yang akan dianalisis, menganalisis pesan dakwah sekaligus mengklasifikasikannya pada beberapa kategori, menentukan frekuensi dari hasil pengkategorian pesan dakwah dan menentukan kecenderungan isi pesan dakwah dari hasil frekuensi yang telah didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam akun Instagram @kakries edisi Agustus 2016-Februari 2017 mendeskripsikan pesan-pesan dakwah yang berkaitan tentang moral atau akhlak manusia. Kemudian kategorisasi pesan dakwah dari 20 konten yang didapat dalam kategori akidah sebanyak 4 konten, kategori ibadah sebanyak 6 konten, dan kategori akhlak sebanyak 10 konten. Sedangkan kategorisasi pesan dakwah yang dilihat berdasarkan teknik komunikasi informatif sebanyak 4 konten, persuasif sebanyak 2 konten, pervasif sebanyak 3 konten, instruktif sebanyak 8 konten dan koersif sebanyak 3 konten. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil frekuensi dari 20 konten dalam akun Instagram @kakries edisi Agustus 2016-Februari 2017 bahwa kategori pesan dakwah memiliki kecenderungan pada kategori akhlak yang menunjukkan bahwa akhlak adalah hal yang paling diprioritaskan oleh admin @kakries. Sedangkan pesan dakwah yang berdasarkan pada kategori teknik komunikasi diperoleh oleh kategori teknik komunikasi Instruktif yang menunjukkan bahwa admin @kakries menggunakan metode penyampaian yang bersifat memerintah agar pesan yang disampaikan lebih mengena kepada para pembaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pesan dakwah; instagram; media sosial
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web)
Data Processing, Computer Science > Internet Discussion Group
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 19 Feb 2020 02:37
Last Modified: 19 Feb 2020 02:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29647

Actions (login required)

View Item View Item