Pengaruh model pembelajaran direct instruction melalui media video terhadap keterampilan praktik shalat berjamaah pada sub materi shalat berjamaah: Penelitian di Smp Negeri 2 Ciparay Bandung Kelas VII

Maulana, Muhamad Risman (2017) Pengaruh model pembelajaran direct instruction melalui media video terhadap keterampilan praktik shalat berjamaah pada sub materi shalat berjamaah: Penelitian di Smp Negeri 2 Ciparay Bandung Kelas VII. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilaksanakan oleh peneliti di kelas VII SMP Negeri 2 Ciparay Bandung bahwa pembelajaran PAI di setiap kelas terlaksana dengan baik. Tetapi pada saat pembelajaran praktik shalat berjamaah hasil pembelajarannya belum menunjukan kualitas yang tinggi dan rendah, hal ini terlihat dari hasil ketercapaian siswa terutama kelas VII C dan kelas VII A rata-rata hasil yang didapat adalah 72,00 sementara nilai kkm yaitu, 76,00 kemudian ditambah dengan permasalahan lain yaitu, bacaan shalat masih ada yang belum hafal, posisi gerakan shalat masih ada yang salah, pengaturan shaf masih ada yang belum lurus, maka hal tersebut menimbulkan permasalahan yang harus diteliti. Penelitian ini bertolak dari asumsi bahwa proses pembelajaran memerlukan latihan keterampilan, sehingga menuntut guru untuk bertindak sebagai pelatih. karena tanpa latihan seorang peserta didik tidak akan mampu menunjukan penguasaan kompetensi dasar dan tidak akan mahir dalam berbagai keterampilan. Untuk melatih keterampilan, ada salah satu model pembelajaran yaitu, Direct Instruction karena Model ini efektif untuk membangun keterampilan tahap demi tahap, mengarahkan kegiatan para siswa, dan menguji keterampilan siswa melalui latihan-latihan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Direct Instruction melalui media video terhadap keterampilan praktik shalat berjamaah pada kelas yang mendapat perlakuan dan kelas yang tidak mendapat perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dan desain nonequivalent control group design menggunakan dua kelas yang telah ada sebagai sampel, kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif yaitu berupa test. Tes diberikan dua kali, yaitu Pretest dan Posttest. Sedangkan untuk menganalisis dan cara pengolahan data dilakukan dengan teknik statistik. Hasil dari penelitian ini diperoleh dari penggunaan model Direct Instruction melalui media video pada kelas yang mendapat perlakuan diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 20,99% sedangkan pada kelas yang tidak mendapatkan perlakuan dengan model konvensional memperoleh 19,98% data ini diuji dengan analisis data berbentuk perbedaan dua rata-rata diperoleh Zhitung 4,31> Ztabel 1,645 sehingga Zhitung > Ztabel. Data ini menunjukan terdapat perbedaan pengaruh antara kelas yang mendapat perlakuan dan kelas yang tidak mendapat perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada keterampilan praktik shalat berjamaah dengan menggunakan model Direct Instruction melalui media video pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciparay.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran direct instruction; media video; praktik shalat berjamaah;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Shalat Jamaah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:12
Last Modified: 19 Feb 2020 04:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29659

Actions (login required)

View Item View Item