Pengaruh struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal studi pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015

Wahyuni, Sabilla (2017) Pengaruh struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal studi pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variable Struktur Aktiva dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal Perusahaan pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian yaitu tahun 2015. Struktur modal merupakan kombinasi atau perimbangan antara hutang dan modal sendiri yang digunakan perusahaan untuk merencanakan mendapatkan modal. Profitabilitas dan struktur aktiva merupakan faktor yang mempengaruhi struktur modal suatu perusahaan. Semakin tinggi profitabilitas maka akan semakin meningkatkan struktur modal dan semakin tinggi Struktur aktiva dapat meningkatkan nilai struktur modal perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk memberikan informasi bagi perusahaan maupun investor untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan struktur modal. Dimana variable yang mempengaruhi struktur modal dapat dijadikan alat ukur dalam keputusan pendanaan suatu perusahaan. Untuk mengetahui Struktur Aktiva menggunakan (Fixed Total Asset) dan Profitabilitas menggunakan (Net Profit Margin) terhadap Struktur Modal yang menggunakan (Long-Term Debt Asset) Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan keuangan 20 sample perusahaan jenis properti dan real esatate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan untuk penguji hipotetsis menggunakan statistik uji t dua sisi dengan α=0,05 dan Uji F. Berdasarkan hasil analisis data, variabel Struktir Aktiva berpengaruh positif secara signifikan terhadap Struktur Modal dengan nilai koefisien 2.749 dan signifikansi sebesar 0,014. Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Struktur Modal dengan nilai koefisien -2.176 dan signifikansi sebesar 0,044. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa Struktur Aktiva, Profitabilitas terhadap Struktur Modal Perusahaan, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 6,017 dan nilai signifikansi 0,011. Nilai koefisien determinasi yang sudah disesuaikan sebesar 41% dapat disimpulkan bahwa struktur aktiva dan profitabilitas berpengaruh sebesar 41% sedangkan sisanya 59% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal Perusahaan; Profitabilitas; Struktur aktiva;
Subjects: General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:01
Last Modified: 20 Feb 2020 03:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29694

Actions (login required)

View Item View Item