Peranan eyang santri dalam menyebarkan agama islam dan tarekat syattariyah di desa Girijaya kecamatan Cidahu kabupaten Sukabumi tahun 1805-1929

Fauzi, Iman Irfan (2017) Peranan eyang santri dalam menyebarkan agama islam dan tarekat syattariyah di desa Girijaya kecamatan Cidahu kabupaten Sukabumi tahun 1805-1929. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Semenjak awal pertumbuhan dan penyebaran Islam di Indonesia, para ulama sebagai elite religious telah memainkan peran yang sangat penting. Sebagai penerus perjuangan Nabi dalam menyampaikan risalahnya tersebut para ulama (kiai) yang mampu menjadi Uswatun Hasanah atau suri tauladan bagi masyarakat, serta mampu membimbing dan menuntun kearah jalan yang lurus dan benar sesuai tuntunan norma Agama. Salah seorang ulama yang turut berjuang dalam mengembangkan dan menyebarkan agama Islam di Girijaya kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi adalah K.H Mohammad Santri atau yang dikenal dengan sebutan Eyang Santri. Beliau dikenal karena aktifitas dan semangat juang yang tinggi dalam mengembangkan agama Islam serta ikut berjuang dalam mengusir penjajah Belanda dan Jepang di Sukabumi. Penelitian ini akan membahas permasalahan: Pertama, bagaimana riwayat hidup Eyang Santri; Kedua, bagaimana peran Eyang Santri dalam penyebaran Islam di Girijaya Cidahu Sukabmi. Sehingga penelitian ini bertujuan: Pertama, mengetahui riwayat Hidup Eyang Santri; Kedua, mengetahui peran Eyang Santri dalam menyebarkan agama Islam dan tarekat Syattariyah di Girijaya Cidahu Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah penyebaran agama Islam dan Peranan Eyang Santri dalam menyebarkan agama Islam dan Tarekat Syattariyah di Desa Girijaya Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi tahun 1805-1929. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian sejarah yang pelaksanaannya melalui tahap heuristik yaitu pengupulan sumber, kritik (kritik intern dan kritik ekstern), interpretasi yaitu penafsiran sumber-sumber, dan historiografi yaitu penulisan sejarah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Eyang Santri adalah seorang keturunan bangsawan dari Solo Surakarta yang dilahirkan di kota Solo pada tahun 1770 yang ayahnya bernama KPH. Prabuhamidjo dam Raden Ayu Trikusumo yang sangat dihormati dan disegani oleh masyarakat. Eyang Santri wafat di Girijaya Sukabumi tahun 1929. Beliau adalah seorang ulama yang giat dalam mengembangkan dan menyebarkan agama Islam di Girijaya Sukabumi. Yaitu melalui berbagai bidang keagamaan, seperti dakwah lisan atau tulisan. Dalam bidang pendidikan yaitu meneruskan pendidikan pesantren serta kaderisasi ulama. Dalam bidang sosial yaitu mengajarkan untuk hidup rukun dan tolong menolong, dalam bidang politik lebih memfokuskan fungsi musyawarah untuk mengembangkan dan menyebarkan agama Islam, dalam dakwah tulisan mengarang kitab Tarekat Syattariyah 1805-1929.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: eyang santri; penyebaran agama islam; tarekat syattariyah
Subjects: Islam > Muslims Persons, Imams
Islam > Islamic Religious Education
Religious Leaders Biography > Islam Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 24 Feb 2020 13:37
Last Modified: 24 Feb 2020 13:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29758

Actions (login required)

View Item View Item