Hubungan antara kegiatan bermain boneka jari dengan kecerdasan linguistik anak usia dini: Penelitian di Kelompok A2 RA Al-Wafi Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Ridwan, Rahmi Sya'bani (2019) Hubungan antara kegiatan bermain boneka jari dengan kecerdasan linguistik anak usia dini: Penelitian di Kelompok A2 RA Al-Wafi Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER(3).pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK(3).pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I(2).pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II(2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V(2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di Kelompok A2 RA Al-Wafi Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, peneliti memandang telah terjadi kesenjangan antara tingginya kegiatan bermain boneka jari dengan rendahnya kecerdasan linguistik anak usia dini. Hal ini terlihat bahwa kegiatan bermain boneka jari pada dasarnya anak sudah memiliki keterampilan dalam menggerakkan jari jemari dengan baik. Namun berbeda halnya dengan kecerdasan linguistik, anak masih mengalami kesulitan dalam mengungkapkan kata dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realitas kegiatan bermain boneka jari di kelompok A2 RA Al-Wafi; 2) realitas kecerdasan linguistik anak usia dini di kelompok A2 RA Al-Wafi; dan 3) hubungan antara kegiatan bermain boneka jari dengan kecerdasan linguistik anak usia dini di kelompok A2 RA Al-Wafi Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Kecerdasan linguistik pada anak usia dini dapat dikembangkan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan kegiatan bermain boneka jari. Kegiatan bermain boneka jari ini dapat mengembangkan aspek bahasa atau kecerdasan linguistik, mempertinggi kreativitas, dan melatih keterampilan jari jemari tangan. Berdasarkan asumsi teori tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, bahwa semakin tinggi kegiatan bermain boneka jari semakin tinggi pula kecerdasan linguistik anak usia dini, demikian pula sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelompok A2 RA Al-Wafi Kecamatan Panyileukan Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 16 anak. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Hasil perhitungan pada variabel X (kegiatan bermain boneka jari) diperoleh nilai rata-rata sebesar 93. Nilai 93 ini berada pada interval 80 – 100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada variabel Y (kecerdasan linguistik anak usia dini) diperoleh nilai rata-rata sebesar 72. Nilai 72 ini berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan antara kegiatan bermain boneka jari dengan kecerdasan linguistik anak usia dini di RA Al-Wafi diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,68. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada kategori kuat karena berada pada interval 0,60 - 0,799. Hasil uji signifikasi diperoleh harga thitung = 3,468 > harga ttabel = 2,145. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain terdapat hubungan positif yang signifikan antara kegiatan bermain boneka jari dengan kecerdasan linguistik anak usia dini. Adapun besarnya kontribusi atau pengaruh kegiatan bermain boneka jari terhadap kecerdasan linguistik anak usia dini sebesar 46,24%. Hal ini menunjukkan terdapat 53,76% faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan linguistik anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bermain Boneka Jari; Kecerdasan Linguistik; Anak Usia Dini;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rahmi Sya'bani Ridwan
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:08
Last Modified: 02 Mar 2020 02:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29894

Actions (login required)

View Item View Item