Penerapan Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan menggunakan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi

nurfitri, nisa nafiisa (2019) Penerapan Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan menggunakan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat dalam bidang pendidikan, serta didasarkan atas tuntutan pembelajaran abad 21 yang harus dikembangterapkan saat ini.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling random dengan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yakni XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran berbasis TPACK menggunakan model blended learning memperoleh rata-rata sebesar 96% pada akivitas guru dan aktivitas siswa dengan kategori sangat baik. Penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen megalami peningkatan dengan perolehan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,5 berkategori sedang dan N-Gain sebesar 0,3 dengan kategori rendah pada kelas kontrol, berdasarkan hasil uji t independen sampel tes memperoleh nilai Sig.tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,20 artinya siswa menunjukan respon positif terhadap sikap kemandirian belajar saat proses pembelajaran, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,57 artinya siswa menunjukan respon negatif pada sikap kemandirian belajar siswa saat proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran berbasis TPACK menggunakan model blended learning dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: TPACK; technological pedagogical content knowledge; model pembelajaran blended learning; penguasaan konsep;kemandirian belajar siswa; sistem reproduksi
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nisa nafiisa nurfitri
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:52
Last Modified: 08 Jun 2020 04:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29942

Actions (login required)

View Item View Item