Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. BNI Syariah Periode– 2013

Rusdatunnajah, Rusdatunnajah (2017) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. BNI Syariah Periode– 2013. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstract

Modal merupakan faktor yang amat penting bagi perkembangan dan kemajuan bank serta upaya untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Sebagaimana layaknya sebuah badan usaha, maka modal bank harus dapat juga digunakan untuk menjaga kemungkinan timbulnya risiko kerugian sebagai akibat dari pergerakan aktiva bank yang pada dasarnya berasal dari dana pihak ketiga atau masyarakat. Modal juga digunakan untuk menambah aktiva yang ada untuk menciptakan profit, modal terlalu besar akan mempengaruhi jumlah perolehan laba. Perhitungan rasio modal yang amat populer di indonesia adalah Capital Adequacy Ratio (CAR) atau perbandingan kecukupan modal. Tinggi dan rendahnya rasio Capital Adequacy Ratio (CAR)dapat memberi pengaruh terhadap tingkat profitabilitas salah satunya yaitu rasio Net Profit Margin (NPM). Atas asumsi dasar tersebut, maka penulis melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT BNI Syariah periode 2011-2013. Asumsi dasar tersebut diperkuat oleh teori yang dikemukakan oleh Bastian dan Suhardjono (2006: 299) yaitu Semakin besar Net Profit Margin (NPM), maka kinerja perusahaan akan semakin produktif, sehingga akan meningkatkan kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan tingkat Capital Adequacy Ratio (CAR); untuk mengetahui perkembangan tingkat Net Profit Margin (NPM); untuk mengetahui Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) di PT. BNI Syariah Periode 2011 – 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan menggunakan analisis regresi sederhana, dengan satu variabel terikat yaitu Net Profit Margin (NPM)dan satu variabel bebas yaitu Capital Adequacy Ratio (CAR). Penelitian ini bertitik dari rangkuman: Capital Adequacy Ratio (CAR) adalah rasio kecukupan modal yang berfungsi menampung risiko kerugian yang kemungkinan dihadapi oleh bank. Net Profit Margin (NPM)rasio untuk mengukur kemampuan bank dalam menghasilkan net income (laba bersih) dari kegiatan operasi pokoknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM). Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji t dalam pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung (-0,890)< ttabel (2,2). Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Besarnya kontribusi tingkat Capital Adequacy Ratio (CAR) ditunjukkan oleh Koefisien Determinasi (R Squer) sebesar 0,073 atau 7,3% dan sisanya sebesar 92,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 02 Mar 2020 03:33
Last Modified: 02 Mar 2020 03:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29955

Actions (login required)

View Item View Item