Efektifitas creavill (creative village) dalam memberdayakan masyarakat desa: Penelitian kampung Kiaralawang desa Sukamukti kecamatan Banyuresmi kabupaten Garut

Hafid, Aplaha Febriani (2017) Efektifitas creavill (creative village) dalam memberdayakan masyarakat desa: Penelitian kampung Kiaralawang desa Sukamukti kecamatan Banyuresmi kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan mengenai kegiatan pembangunan dengan menggunakan program pemberdayaan masyarakat khususnya di pedesaan yang dilakukan oleh komunitas Creavill (Creative Village) terhadap masyarakat di Kampung Kiaralawang Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut dalam bidang ekonomi yaitu dengan adanya kerajinan eceng gondok, peternakan domba kreatif, dan bidang pendidikan adanya sekolah kreatif dan rumba (rumah baca). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program dan pelaksanaan apa saja yang dilakukan oleh komunitas Creavill dalam memberdayakan masyarakat di kampung kiaralawang, untuk mengetahui dukungan dan hambatan yang dialami komunitas Creavill dalam pemberdayaan masyarakat di kampung kiaralawang, dan untuk mengetahui dampak pemberdayaan komunitas Creavill terhadap masyarakat di Kampung Kiaralawang Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni merujuk pada teori modernisasi pemikiran David McClelland mengenai dorongan berprestasi atau n-Ach (the need for Achieement). Teori tersebut dijadikan kerangka berpikir dalam melihat fenomena yang muncul di lapangan, terutama kaitannya dengan Efektifitas Creavill (Creative Village) Dalam Memberdayakan Masyarakat Desa (Penelitian Kampung Kiaralawang Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam menganalisis data yang diperoleh dari lapangan. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi dan wawancara dengan anggota Creavill (Creative Village) dan masyarakat Kampung Kiaralawang. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa program pemberdayaan yang dilakukan komunitas Creavill di Kampung Kiaralawang dalam pelaksanaanya menggunakan menggunakan Survei awal, Assesment menggunakan metode PRA (Participactory Rural Appraisal), Pelaksanaan Program, Monitoring dan evaluasi. Kemudian Faktor dukungan dalam memberdayakan di Kampung Kiaralawang yaitu respon masyarakat yang baik, tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi dan ketersediaan sumber daya alam di Kampung Kiaralawang. Kemudian faktor hambatannya adalah kurangnya sinergi dengan pemerintah dan ketidaktahuan pengrajin eceng gondok dalam memasarkan produknya. Dan Hasil dari pemberdayaan Creavill kepada masyarakat kampung kiaralawang yaitu adanya produk yang bisa dipasarkan yaitu Kerajinan eceng gondok, Masyakarakat yang lebih produktif dan Kreatif, anak-anak termotivasi untuk lebih semangat belajar karena di fasilitasi dengan adanya Rumba (Rumah baca), dan kelas kreatif, dan adanya peternak kreatif meskipun tidak berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: efektivitas; pemberdayaan masyarakat; masyarakat
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:01
Last Modified: 02 Mar 2020 08:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29970

Actions (login required)

View Item View Item