Implementasi sikap Qonaah terhadap gangguan kecemasan pada Jamaaah Miftahul Ulum Desa Cibeureum Ciamis: Studi kasus pada Jamaah Miftahul Ulum Desa Cibeureum Ciamis

Nuraeni, Rani (2019) Implementasi sikap Qonaah terhadap gangguan kecemasan pada Jamaaah Miftahul Ulum Desa Cibeureum Ciamis: Studi kasus pada Jamaah Miftahul Ulum Desa Cibeureum Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[2].pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2[2].pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy

Abstract

Kehidupan masyarakat saat ini nampak tumbuh dan berkembang sifat-sifat materialistik dan hedonisme, gejala ini ditandai dengan menjadikan materi sebagai tolak ukur untuk mencapai kesuksesan dan kebahagian. Masyarakat berlomba-lomba mencari dan mendapatkan materi sebanyak-banyaknya, sehingga akan menimbulkan kecemasan. Ilmu tasawuf memiliki signifikansi dan relevansi bagi problema masyarakat modern karena tasawuf karena pada dasarnya tasawuf adalah suatu disiplin ilmu yang memiliki maksud untuk selalu melakukan pembersihan diri dan penyucian diri, untuk membentuk akhlakul karimah yang baik, salah satunya dengan mengontrol diri untuk tidak berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan gangguan kecemasan yang dialami oleh jamaah Miftahul Ulum serta sikap qonaah dalam mengatasi gangguan kecemasan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan memakai metode pendekatan studi kasus sebagai bagian dari penelitian kualitatif. Studi kasus berkenaan dengan status subjek penelitian yang berhubungan dengan satu fase spesifik atau khas dari keseluruhan personalitas. Sedangkan dalam pengumpulan data penelitian dilakukan wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sumber yang berkaitan dengan penelitian. Dalam hal ini, informan terdiri dari empat orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa gangguan kecemasan yang dialami oleh Jamaah Pengajian di Miftahul Ulum adalah cemas terhadap masa depan yang akan terjadi, cemas akan ketidakmampuannya dalam memenuhi kebutuhan, cemas akan tidak terpenuhinya kebutuhan anak-anaknya, cemas akan tidak bisanya menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi cemas terhadap pendapat orang lain yang ada disekitar lingkungannya, dan gangguan-gangguan kecemasan tersebut dapt diatasi dengan tawakal, dan menerima dengan rela apa yang telah ditakdirkan Tuhan sebagai ekspresi dari sikap qanaah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: qonaah;gangguan kecemasan
Subjects: Psychology
Religious Experiences
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rani Nuraeni
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:32
Last Modified: 03 Mar 2020 06:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29983

Actions (login required)

View Item View Item