Penggunaan Ice Breaking untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Miftahul Huda Kota Cimahi

Andriani, Witri (2019) Penggunaan Ice Breaking untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Miftahul Huda Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas V di MI Miftahul Huda Kota Cimahi, yakni rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang membuat siswa kurang antusias dan mudah bosan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang monoton dan guru belum bervariatif dalam menerapkan model pembelajaran yang membuat pembelajaran belum terpusat pada siswa. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum diterapkannya ice breaing dan minat belajar siswa setelah diterapkannya ice breaking. Penelitian ini dapat memberikan gambaran proses peningkatan minat belajar siswa dengan diterapkannya ice breaking. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa minat belajar siswa dapat meningkat dengan dipengaruhi oleh beberapa factor, diantaranya dengan menerapkan pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan ice breaking. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan ice breaking diduga dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan terdiri dari empat tahap disetiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, obervasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket minat belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Huda Kota Cimahi yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa sebelum diterapkannya ice breaking mencapai 32% dengan kriteria kurang sekali. Aktivitas guru pada siklus I tindakan I mencapai 64,7% dengan kriteria cukup, tindakan II mencapai 76,5% dengan kriteria baik, siklus II tindakan I mencapai 86,8% dengan kriteria sangat baik, tindakan II mencapai 92,7% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I tindakan I mencapai 59,8% dengan kriteria cukup, tindakan II 66,5% dengan kriteria cukup, siklus II tindakan II mencapai 75,8% dengan kriteria baik dan tindakan II mencapai 87% dengan kriteria sangat baik. Adapun minat belajar siswa setelah menerapkan ice breaking pada siklus I mencapai 56% dengan kriteria kurang, siklus II mencapai 100% dengan kriteria sangat baik. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model penggunaan ice breaking dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: minat belajar siswa;ice breaking
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Witri Andriani
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:37
Last Modified: 06 Mar 2020 07:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29984

Actions (login required)

View Item View Item